5 Khasiat Luar Biasa Ikan Lele untuk Kesehatan, Bisa Cegah Stroke Lho

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 20 November 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 612 2504720 5-khasiat-luar-biasa-ikan-lele-untuk-kesehatan-bisa-cegah-stroke-lho-I9UIjsly4L.jpg Ikan lele memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. (Foto: Shutterstock)

PUBLIK Indonesia pasti sudah tidak asing dengan ikan lele. Ya, hewan air tawar ini menjadi makanan favorit di Tanah Air, karena rasanya lezat dan bisa dipadukan dengan berbagai macam penganan. Tapi ternyata ikan lele memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Sebagaimana laporan USDA, dalam 100 gram ikan lele segar mengandung berbagai nutrisi, termasuk protein 18,5 gram; energi 439; magnesium 28 miligram; fosfor 304 miligram; dan kalium 419 miligram.

Selain rendah sodium dan kalori, ikan lele merupakan sumber lemak sehat, protein, vitamin penting, dan mineral yang baik. Nah, berikut ini lima manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dikutip dari laman Stylecraze, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: Bisa Kena Koinfeksi Covid-19, Ini Kelompok yang Harus Dapat Vaksinasi Flu 

1. Kaya vitamin B vital

Vitamin B12 adalah vitamin penting dan memberikan peran penting dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan sintesis DNA. Kelompok tertentu seperti ibu hamil, bayi, dan orang tua, lebih rentan terhadap kekurangan B12.

Satu porsi fillet ikan lele dapat memberi Anda 69 persen dari asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap hari. Melengkapi diet Anda dengan ikan lele berpotensi membantu menyeimbangkan kekurangan apa pun.

Ikan lele.

2. Padat protein untuk pembangun otot tubuh

Protein penting untuk membangun dan mempertahankan massa otot tubuh tanpa lemak. Protein juga bertanggung jawab untuk memproduksi enzim dan hormon yang mempengaruhi setiap fungsi tubuh kita. Ikan lele sangat padat protein. Sebanyak 100 gram ikan lele dapat memberi Anda 18,5 gram protein hanya dengan 105 kalori.

Baca juga: 5 Bahan Alami Rumahan untuk Obati Tumit Pecah-Pecah, Mudah dan Praktis 

3. Kaya akan vitamin D

Vitamin D memang bisa kita dapatkan melalui paparan sinar matahari pagi, tetapi itu saja mungkin tidak cukup. Kamu bisa mengonsumsi lele untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, vitamin D ini sangat penting bagi kesehatan tulang karena mengontrol pertumbuhan sel di seluruh tubuh, membantu tubuh untuk menyerap kalsium, dan menjaga fungsi sistem imunitas tubuh.

4. Menurunkan risiko stroke

Manfaat lain ikan lele yang perlu Anda ketahui yakni dapat menurunkan risiko stroke. Khasiat ini didapat dari kandungan kalium pada ikan lele.

Kalium diketahui menjaga kesehatan otot, saraf, sekaligus pembuluh darah sehingga dapat menurunkan penyakit stroke, yakni kondisi yang disebabkan oleh asupan darah ke otak yang terganggu. Jika asupan kalium tercukupi dengan baik, risiko penyakit stroke dapat menurun.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Ginjal, Salah Satunya Kurang Tidur 

5. Mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi

Ikan lele memiliki daging berwarna putih dan relatif kurus dengan kandungan lemak yang sedikit. Bahkan, fillet ikan lele dapat menyediakan Anda dengan 600 mg omega-3 asam lemak. Sementara varietas ikan berminyak lainnya mungkin mengandung jumlah omega-3 yang relatif lebih rendah.

Asam lemak omega-3 dikenal karena perannya yang potensial dalam menjaga kesehatan jantung dan membantu fungsi otak yang tepat.

Baca juga: 9 Gejala Diabetes Tipe 2 pada Pria, Waspada jika Sering Pipis di Malam Hari 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini