Share

Hari Anak Sedunia 2021, Ini Sejarah hingga Tema yang Diusung

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Sabtu 20 November 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 612 2504803 hari-anak-sedunia-2021-ini-sejarah-hingga-tema-yang-diusung-eFBdr8GgMe.jpg Ilustrasi Hari Anak Sedunia. (Foto: Pressfoto/Freepik)

SETIAP tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Diketahui, sejarah Hari Anak Sedunia ditetapkan pada 1954 untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, serta meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Tanggal 20 November merupakan hari yang penting karena pada tahun 1959 Majelis Umum PBB mengesahkan Deklarasi Hak Anak. Tanggal 20 November juga menjadi makin istimewa karena tahun 1989 Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Baca juga: Hari Anak Sedunia, Erick Thohir Bagikan Momen Bahagia Ibadah Bersama Buah Hatinya 

Ilustrasi Hari Anak Sedunia.

Dirangkum dari laman United Nations (UN), Sabtu (20/11/2021), sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

Ibu dan ayah, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintah dan aktivis masyarakat sipil, tokoh agama dan masyarakat, pengusaha dan profesional media, serta kaum muda dan anak-anak itu sendiri dapat memainkan peran penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi masyarakat dan bangsa.

Hari Anak Sedunia menawarkan titik masuk inspirasional untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, menerjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Ginjal, Salah Satunya Kurang Tidur 

Pada tahun 2021, Hari Anak Sedunia mengusung tema: A Better Future for Child atau 'Masa Depan yang Lebih Baik untuk Setiap Anak'.

Baca juga: 5 Bahan Alami Rumahan untuk Obati Tumit Pecah-Pecah, Mudah dan Praktis 

Tema ini dipilih dikarenakan pandemi covid-19 telah memengaruhi masa depan anak. Pandemi covid-19 juga menunjukkan bagaimana ketidaksetaraan memengaruhi hak setiap anak. Dari perubahan iklim, pendidikan dan kesehatan mental, hingga mengakhiri rasisme serta diskriminasi.

Anak-anak dan remaja menyuarakan isu-isu yang penting bagi generasi mereka dan menyerukan orang dewasa untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Pada Hari Anak Sedunia ini, anak-anak membayangkan kembali dunia yang lebih baik.

Baca juga: Bisa Kena Koinfeksi Covid-19, Ini Kelompok yang Harus Dapat Vaksinasi Flu 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini