5 Cara Atasi Kebiasaan Tidur Mendengkur, Bisa Sumbat Saluran Napas Lho!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 481 2505226 5-cara-atasi-kebiasaan-tidur-mendengkur-bisa-sumbat-saluran-napas-lho-6yu02lPwEW.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

ANDA termasuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur saat tidur? Jangan disepelekan lho, karena tidur mendengkur atau ngorok tak hanya mengganggu pasangan bagi yang sudah menikah. 

Mendengkur terjadi ketika saluran udara yang Anda hirup dan hembuskan terhambat dalam beberapa cara selama tidur. Jika saluran udara sebagian tersumbat atau menyempit, udara membuat jaringan yang ada di saluran napas bagian atas bergetar, yang mengarah ke suara yang disebut mendengkur.

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan penyempitan kronis atau penyumbatan sementara saluran napas saat tidur. Mulai dari faktor obesitas atau kelebihan berat bedan, hidung tersumbat, hingga gaya hidup yang tidak sehat, posisi tidur, kelelahan, hingga faktor usia dapat berkontribusi untuk mendengkur.

Namun, jangan khawatir, ada berbagai solusi yang dapat membantu menghentikan dengkuran, simak tipsnya berikut ini:

1. Ubah posisi tidur

Tidur Nyenyak

Jawaban untuk segera menghentikan dengkuran itu sederhana dengan mengubah posisi tidur Anda. Studi menunjukkan bahwa mendengkur dapat dikurangi secara signifikan dengan mengubah posisi berbaring miring saat tidur. Perubahan ini, bagaimanapun, telah dicatat sebagian besar di antara orang-orang non-obesitas.

Baca Juga : Sering Mendengkur, Kapan Waktu yang Tepat ke Dokter?

2. Hirup Uap sebelum tidur

Studi menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kualitas tidur dan menghirup uap sebelum tidur. Karena kurang tidur dan kelelahan berkontribusi pada mendengkur dalam banyak kasus, menghirup uap setiap malam sebelum Anda tidur merupakan cara yang efektif untuk berhenti mendengkur.

Baca Juga : Mengenal Penyebab Dengkuran dan Cara Menguranginya

3. Tinggikan bantal kepala anda saat tidur

Tersumbatnya saluran pernapasan bagian atas adalah salah satu penyebab utama mendengkur. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengangkat kepala saat tidur dapat mencegah terhimpitnya saluran napas bagian atas pada pasien dengan apnea tidur obstruktif.

4. Turunkan berat badan

Turunkan Berat Badan

Karena jaringan yang berlebihan di leher dan tenggorokan meningkatkan kemungkinan penyempitan saluran yang menyebabkan mendengkur, menurunkan berat badan dapat membantu Anda berhenti mendengkur.

Para peneliti telah menemukan perbedaan yang signifikan dalam prevalensi mendengkur antara orang dewasa yang sehat dibandingkan dengan mereka berbatasan dengan obesitas atau pra-obesitas.

5. Gunakan Air Purifier di kamar Anda

Hidung tersumbat, kemungkinan penyebab mendengkur, dapat memburuk dalam suasana kering. Menggunakan pelembab udara di dalam ruangan dapat meredakan dan membantu membersihkan rongga hidung, yang dapat meredakan dengkuran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini