5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan, Sehatkan Jantung hingga Cegah Kanker!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 22 November 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 481 2505272 5-manfaat-jamur-tiram-untuk-kesehatan-sehatkan-jantung-hingga-cegah-kanker-lqxZh3cypR.jpg Jamur Tiram (Foto: Healthy Eating)

JAMUR tiram tak hanya memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi sebagai makanan. Ternyata jamur tiram yang dibudidayakan bebas dari bahan pestisida berbahan kimia, seperti pestisida memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.  

Jamur tiram telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan mengandung antioksidan tinggi, nutria, dan senyawa lain. Semua nutrisi ini menjadikan jamur tiram sebagai pilihan makanan yang sehat dan bergizi dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berikut 5 manfaat jamur tiram bagi kesehatan yang dikutip dari Stylecraze, Senin (22/11/2021). 

1. Kaya akan Antioksidan

Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan sumber senyawa fenolik antioksidan seperti variegatic, ergothioneine, dan asam galat. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas, menghambat kerusakan oksidatif, dan dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Baca Juga : Jamur Tiram Saus Sarden, Bikin Menu Ikanmu Semakin Nikmat

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi jamur tiram dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Pasalnya, jamur tiram mengandung beta-glukan yang memiliki efek anti hipertensi dan dapat menurunkan kadar LDL-kolesterol. Selain itu, serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi).

Baca Juga : Peluang Usaha Sosis Jamur Tiram

3. Menurunkan kadar gula darah

Serat makanan dalam jamur tiram dapat mencegah resistensi insulin. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Jayewardenepura, Sri Lanka, menemukan bahwa bentuk bubuk kering dan bubuk jamur tiram dengan dosis 50 mg/kg/berat badan mengurangi konsentrasi glukosa darah.

Studi lain menunjukkan bahwa jamur tiram secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Jamur dapat meningkatkan status glikemik dan membantu mengelola diabetes tipe 2.

4. Dapat mengurangi risiko kanker

Jamur Tiram

Ekstrak protein jamur tiram memiliki efek anti kanker dan dapat menghambat proliferasi sel kanker payudara dan usus besar. Sebuah studi yang dilakukan oleh Methodist Research Institute, Amerika Serikat, menemukan hubungan baik antara asupan jamur tiram dan mencegah risiko kanker.

Ekstrak air dari jamur seperti tiram memiliki potensi untuk proliferasi sel kanker menekan, sel-sel kanker terutama payudara.

5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Jamur tiram mengandung senyawa regulative yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin D2. Sebuah penelitian mengamati bahwa mengonsumsi jamur tiram selama delapan minggu dapat meningkatkan sel pembunuh alami (NK) (bagian dari sistem kekebalan tubuh) dan melindungi dari beberapa penyakit.

Imunoglucan dalam jamur tiram juga dapat mencegah infeksi saluran pernapasan ( RRTIs ). Jamur tiram juga efektif melawan Herpes Simplex Virus tipe-1 (HSV-1).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini