4 Tips agar Menantu Akur dengan Mertua

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 612 2505174 4-tips-agar-menantu-akur-dengan-mertua-yU9nogVxPQ.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SETELAH menikah, tidak semua orang bisa akur dengan mertua. Kondisi ini membuat rumah tangga bisa kurang nyaman dijalani. 

Masalah-masalah sepele bisa saja menjadi perkara besar gegara hubungan mertua dan menantu yang kurang harmonis. Karenanya, Anda harus tahu bagaimana cara bersikap sebagai menantu terhadap mertua.  

Berikut tips agar hubungan menantu dan mertua akur seperti dilansir dari laman Pinkvilla, Minggu (21/11/2021). 

1. Meminta nasihat

Menantu dan Mertua

Jika ini tentang memilih gaun untuk mengunjungi kerabat atau memasak hidangan tertentu untuk makan malam, selalu mintalah nasihat. Ini akan membuat mertua Anda merasa dicintai, dihargai, dan istimewa.

Ini merupakan cara yang bagus untuk memperkuat ikatan Anda. Jadi, lain kali sebelum memutuskan sendiri, coba sertakan mertua Anda di dalamnya dan terbuka untuk saran. Bukan berarti meminta nasihat Anda kehilangan kemandirian. Bagaimanapun, beberapa keputusan lebih baik jika dibuat dalam kelompok.

Baca Juga : Berhakkah Istri Menolak Tinggal Serumah dengan Mertua?

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Calon Mertua Sebelum Menikah

2. Berikan pujian ke mertua 

Cara aman untuk memulai percakapan apa pun adalah, pertama-tama, pujian. Jika mertua Anda mencoba yang terbaik untuk membuat Anda merasa nyaman dan betah, pujilah mereka atas usahanya.

Ini bisa berupa terima kasih yang sederhana dan manis atau cara yang agak sederhana untuk mengungkapkan penghargaan Anda dengan mengatakan 'Anda sudah merasa seperti di rumah sendiri'. Semua ini akan membantu menghilangkan kecanggungan secara bertahap dan Anda mungkin dapat mendiskusikan berbagai hal secara mendetail.

3. Terima kesalahanmu

Menantu dan Mertua

Terakhir, jangan pernah berbohong atau lari dari kesalahan Anda. Manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan menerimanya kesalahan sendiri merupakan cara terbaik agar masalah tidak membesar dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, jika Anda kehilangan sesuatu yang diberikan mertua Anda untuk menjaga keamanan atau lupa melakukan tugas, hadapi mertua Anda dengan hal itu. Minta maaf dan beri tahu mereka bahwa itu tidak akan terjadi lagi.

Meskipun mungkin perlu banyak keberanian untuk melakukan ini, Anda tidak akan pernah menyesal melakukannya.Karenanya, ambil inisiatif dan dapatkan pujian dari keluarga Anda. Ini akan membantu ikatan Anda tumbuh dengan menambahkan sedikit kepercayaan padanya.

4. Kejutkan mertua dengan hal-hal yang mereka sukai

Saat melakukan ini, Anda mungkin memerlukan bantuan dari pasangan Anda untuk mencari tahu apa yang disukai mertua Anda dan yang lainnya. Setelah Anda mengetahuinya, rencanakan kejutan manis untuk mereka.

Masak hidangan favorit mereka, tawarkan teh atau bawakan mereka sesuatu saat Anda pulang dari jalan-jalan. Semua ini akan membantu Anda mengenal mereka lebih baik, dan ikatan Anda pasti akan menguat secara bertahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini