Tak Makan Daging? Ini 5 Sumber Protein Nabati yang Cocok untuk Menu Diet

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 298 2505687 tak-makan-daging-ini-5-sumber-protein-nabati-yang-cocok-untuk-menu-diet-jjUEqpbdBX.jpeg Tahu sumber protein nabati (Foto: Boldsky)

PROTEIN menjadi salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain membantu tubuh menjalankan sejumlah fungsi penting, protein juga mempertahankan masa otot.

Sebagian besar protein berasal dari produk hewani seperti daging, susu, ayam, dan telur. Namun jika anda bukan seseorang yang terlalu suka mengonsumsi produk hewani, bisa mencoba beragam jenis makanan nabati.

Selain itu jenis makanan ini juga menjadi andalan para vegetarian untuk memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut 5 makanan alternatif protein pengganti daging yang cocok untuk menu diet, simak ulasannya:

1. Tahu

Tahu

Tahu termasuk makanan yang rendah kalori (70 kkal), kolesterol (0 %), dan sodium (1 %). Per 100 gram, manfaat tahu juga tak perlu diragukan karena merupakan sumber protein (8 gram), zat besi (9 %), magnesium (37 mg), fosfor ( 121 mg ), tembaga (0,2 mg), dan selenium (9,9 mcg), dan sumber yang sangat baik dari kalsium (201 mg) dan mangan (0,6 mg).

Baca Juga : Diet ala Ria Ricis, 5 Kiat Tampil Ramping di Hari Pernikahan

2. Susu Kedelai

Susu kedelai tidak hanya merupakan pengganti yang bagus untuk produk susu, tetapi susu yang diekstrak dari kedelai ini memiliki hampir 6 gram protein untuk setiap 244 ml. Orang memilih untuk minum susu kedelai dengan sereal atau bahkan menggunakannya dalam memanggang sebagai pengganti susu yang bagus karena mengandung kalsium, vitamin D, dan vitamin B12 juga.

Baca Juga : 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

3. Bayam

Bayam mungkin lebih banyak dikenal sebagai salah satu jenis sayur yang mengandung zat besi yang tinggi. Ini membuat sayur bayam baik dikonsumsi oleh orang yang kekurangan hemoglobin.

Namun siapa sangka bahwa bayam juga mengandung protein yang menyehatkan. Dari 1 porsi kandungan kalori dari sayur bayam terdiri atas 30 persen protein. Artinya setiap 30 gram sayur bayam segar ada 1 gram protein yang bisa anda dapatkan. Ini membuat sayur bayam dikenal sebagai salah satu sayuran hijau yang padat nutrisi.

4. Tempe

Tempe

Tidak diragukan lagi mengapa makanan olahan fermentasi kedelai ini merupakan salah satu makanan pokok favorit orang Indonesia. Per 100 gram tempe, terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat, 1,4 g serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

5. Kacang Polong

Dalam 160 gram kacang polong mengandung sekitar 9 gram protein. Yang harus Anda lakukan adalah merebus kacang polong dan menikmatinya dalam salad atau kari dan itu akan memberi Anda protein, serat, folat dan sejumlah vitamin seperti Vitamin A, C, dan K.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini