Viral Sekte Baru Dunia Kuliner: Makan Ayam Goreng Pakai Pisang Goreng

Calista Angelina, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 298 2505862 viral-sekte-baru-dunia-kuliner-makan-ayam-goreng-pakai-pisang-goreng-DG0TNs7p5Q.jpg

JIKA biasanya makan ayam goreng atau panggang itu dilengkapi tahu tempe atau mashed potato, kali ini salah satu restoran di Jakarta justru menyediakan pisang tanduk yang digoreng. 

Dalam salah satu akun TikTok @octaviantifransisca atau dikenal sebagai ‘SiSuka Jalan & Jajan’ ia menunjukkan restoran bernama “Ayam Afrika” yang terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sang kreator menyebut bahwa ini adalah sebuah sekte baru di dunia kuliner di mana orang menyantap ayam goreng dengan pisang goreng. 

Berawal dari banyaknya orang Afrika yang datang dan meminta pisang, makanan pokok mereka. Akhirnya, pemilik restoran memutuskan untuk menjual pisang tanduk goreng. Pisang digoreng tanpa menggunakan tepung dan rasanya manis. Jangan khawatir untuk yang tidak suka pisang, karena menu pisang goreng ini terpisah dan opsional. 

Letak perbedaan ayam Afrika dengan hidangan ayam biasanya adalah proses setelah ayam digoreng. Setelah ayam sudah matang, ditambah bawang bombay yang sudah digoreng kering. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan aroma menyengat dari bawang bombay itu sendiri. 

Ayam afri

Setelah itu, bawang bombay ditaruh di yang banyak hingga menutupi ayam. Begitulah cara orang Afrika menyantap ayam goreng mereka, namun jika di Afrika bawang bombay tidak digoreng dan dibiarkan mentah bak lalapan. 

Bawang bombay identik dengan masakan Afrika, dipercaya dapat menambah citarasa yang gurih pada ayam. Untuk sambalnya, karena pada dasarnya orang Afrika tidak terlalu kuat makan pedas maka cabe yang digunakan adalah cabe kemiri. Tetapi juga ada pilihan cabe rawit untuk yang doyan pedas. 

Terlihat dalam video, bahwa ketika jam makan siang restoran itu dipenuhi para pengunjung. 

Kolom komentar juga dipenuhi oleh ulasan atau testi para pengunjung yang pernah mencobanya. 

“jujurly pisang goreng pake saos sambel enaklooo:(,” ujar @sheil****r 

“makannya sambelnya tambahin kecap dikit makin enak parah teus diaduk sama kemirinya,” kata @lotustree***** 

“SUMPAHHH SAMBEL SAMA BAWANG BOMBAY NYA BIKIN NAGIIIIHHHHHH BGTTT 🤤🤤,” seru @akutuh_******* 

Gimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya ? 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini