7 Hal Mengerikan yang Terjadi pada Tubuh saat Jatuh dari Ketinggian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 22 November 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 481 2505670 7-hal-mengerikan-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-jatuh-dari-ketinggian-sIlYpdV2jc.jpg 7 hal mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian (Foto : Medicaldaily)

7 HAL mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian, pernah terbayangkan? Jatuh dari ketinggian adalah hal yang menyeramkan. Pada beberapa kasus, orang yang jatuh dari ketinggian nyawanya tak tertolong.

Menurut laman Ranker, saat seseorang jatuh dari ketinggian, mereka akan mengalami beberapa hal sampai akhirnya meninggal dunia. Tentu ini dipengaruhi oleh seberapa tinggi tempat orang tersebut jatuh.

Di bawah ini, MNC Portal coba menjelaskannya dengan detail tahapan demi tahapan reaksi tubuh saat terjatuh dari ketinggian hingga meninggal dunia. Berikut selengkapnya:

1. Jatuh lebih cepat dari yang Anda bayangkan

7 Hal mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian

(7 Hal mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian,Foto: Livescience)

Percaya atau tidak, saat tubuh jatuh dari ketinggian, proses mendarat akan lebih cepat dari yang dibayangkan. Ini tentunya tergantung dari seberapa tinggi lokasi Anda jatuh. Bisa dikatakan, Anda menyentuh tanah sebelum otak memproses semuanya, saking cepatnya.

"Jatuh dari ketinggian membuat beban tubuh Anda lebih berat dari kenyataan. Pada kasus jatuh dari pesawat, tubuh Anda akan 7.500 kali lebih berat dari normalnya," terang laporan tersebut.

Baca Juga : Tragis! Wanita Ini Tewas Terjatuh dari Tebing 30 Meter saat Asyik Selfie

2. Sel darah pecah

Saat jatuh, sel darah bisa pecah, ini termasuk pembuluh darah. Jika itu terjadi, aliran oksigen akan terganggu dan tanpa oksigen, organ tubuh termasuk otak akan berhenti berfungsi.

3. Aorta jantung berhenti

Kemudian, yang terjadi berikutnya adalah aorta putus dan ini menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah ke tubuh.

Baca Juga : Ajaib! Bocah 4 Tahun Selamat Usai Jatuh dari Tebing 21 Meter, Ayahnya Dijuluki Pahlawan

4. Pendarahan di dalam tubuh

Karena pembuluh darah pecah, jantung terus memompa, alhasil terjadi pendarahan internal. Jika tubuh mendarat, pendarahan terjadi di seluruh tubuh termasuk otak. Bahkan risiko daging lepas pun bisa terjadi jika ketinggian lokasi jatuh sangat tinggi.

5. Tengkorak pecah

Pada beberapa kasus, khususnya jatuh dengan posisi kepala duluan, tengkorak yang sangat keras bisa hancur. Jika ini terjadi, otak akan rusak dan tulang belakang tak berfungsi. Pada akhirnya kematian yang terjadi.

6. Jatuh ke air lebih menyeramkan

7 Hal mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian

(7 Hal mengerikan yang terjadi pada tubuh saat jatuh dari ketinggian,Foto: Livescience)

Beberapa orang beranggapan bahwa jatuh ke air akan lebih baik, tapi faktanya tidak berkata demikian. Jatuh dari ketinggian dan mendarat di air menyebabkan kerusakan yang sama besarnya dengan Anda mendarat di beton.

"Permukaan air dapat terasa sekeras padatan ketika Anda jatuh di atasnya dengan kecepatan tinggi. Ini sama sakitnya saat Anda mendarat di atas air namun perut terlebih dulu," kata laman tersebut.

7. Jatuh dalam kondisi mabuk tidak begitu sakit

Ada anggapan bahwa jatuh dalam posisi mabuk tidak begitu menyakitkan. Hal ini dimungkinkan karena Anda terjatuh dalam kondisi rileks, beda dengan orang biasa yang jatuh dalam kondisi tegang.

"Penelitian di University of Illinois di Chicago menyebut ini sebagai efek perlindungan," katanya. Namun ini perlu dibuktikan dengan beberapa penelitian lanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini