3 Kebiasaan Buruk Ini Dijamin Buat Wajah Lebih Sering Berjerawat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 611 2505669 3-kebiasaan-buruk-ini-dijamin-buat-wajah-lebih-sering-berjerawat-ENMNWzFxlY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang bisa disebabkan banyak hal, entah itu karena wajah yang kotor, penggunaan makeup yang tidak baik bahkan karena hormon. Apalagi bagi para perempuan, jerawat memang dapat terjadi menjelang menstruasi.

Munculnya jerawat seringkali dihubungkan dengan pengaruh hormon tubuh dan makanan. Tapi selain kedua faktor tersebut, ternyata jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa sadar sering Anda lakukan.

Wajah yang cerah, halus dan bebas dari jerawat tentunya menjadi idaman semua wanita. Namun impian tersebut seringkali terhambat oleh berbagai masalah kulit yang muncul, seperti jerawat. Nah, berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat, seperti dilansir dari Highend.

Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Jerawat

Tanpa sadar kita sering melakukan kebiasaan ini, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat membuat bakteri dan kuman pada tangan berpindah ke wajah. Sehingga bakteri dan kuman tersebut akan mengakibatkan berbagai infeksi pada kulit wajah, salah satunya jerawat. Pastikan Anda sudah mencuci tangan menggunakan sabun atau gunakan hand sanitizer saat Anda sedang berada di luar rumah.

Tidak menggunakan handuk khusus wajah

Jerawat

Menggunakan satu handuk untuk mandi sekaligus mengeringkan wajah dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah. Handuk yang digunakan untuk mandi bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Gunakanlah handuk khusus untuk mencuci wajah dan pilihlah bahan yang bertekstur lebih lembut.

Memakai alat make-up yang kotor

Jerawat

Bersihkanlah alat make-up seperti kuas secara rutin, setidaknya 1 bulan sekali, agar tidak menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman penyebab jerawat. Sebab Menggunakan alat make-up yang kotor akan menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat dan terserang bakteri yang dapat menimbulkan berbagai infeksi pada wajah.

Anda dapat mencuci kuas make-up menggunakan sabun khusus untuk peralatan make-up, yang tentunya tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak kulit.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini