3 Cara Tingkatkan Kualitas Kesehatan Mental dengan Art Theraphy

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 612 2505688 3-cara-tingkatkan-kualitas-kesehatan-mental-dengan-art-theraphy-OEusaPK8Oz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA kesehatan mental apalagi di masa pandemi ini memang sangat diperlukan, apalagi kita belum tahu sampai kapan pandemi Covid-19 akan berlangsung. Memang terkadang kita tidak sadar ketika kesehatan mental kita terganggu.

Nah, salah satu cara untuk melepas stres atau meningkatkan kualitas adalah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan seni bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Art Therapy pun bisa menjadi salah satu dari berbagai metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental juga memulihan kesehatan mental.

Terapi ini biasanya dilakukan dengan cara menuangkan emosi untuk para penderita gangguan kesehatan mental dalam bentuk sebuah karya seni. Untuk mengetahui lebih banyak manfaat art therapy, mari simak ulasan berikut mengenai beberapa manfaat art therapy seperti dilansir dari Highend.

Mengekspresikan diri dan perasaan

Kesehatan Mental

Seni dapat menjadi cara mengomunikasikan pikiran dan emosi dengan lebih sederhana. Hal ini juga dapat memberi kesempatan kepada diri kita untuk mengenal diri lebih jauh, seperti mengenal kekuatan dan kelebihan kita.

Sebab, art therapy mampu membuat perasaan yang kalut dan rumit menjadi lebih sederhana, sehingga Anda lebih mudah berbagi emosi yang rasakan dari waktu ke waktu.

Melepaskan stress

Kesehatan Mental

Art therapy dapat digunakan untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran serta tubuh. Penelitian membuktikan bahwa kadar dopamin cenderung meningkat saat seseorang menggambar, melukis, dan bentuk kreativitas lainnya.

Orang yang sedang dalam kondisi stress dan depresi, tubuh mereka menghasilkan dopamin dalam jumah yang rendah. Art therapy telah terbukti membantu meningkatkan kadar dopamin dan membantu pasien merasa lebih bahagia.

Menstimulasi fungsi mental

Kesehatan Mental

Bagi Anda yang merasa sulit berkonsentrasi, lakukanlah aktivitas yang berhubungan dengan seni. Penelitian menunjukan bahwa art therapy memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Sebab membuat karya seni dapat membantu seseorang tenggelam dalam keadaan relaksasi yang terstimulasi, sehingga memungkinkan otak untuk fokus pada sesuatu tanpa terlalu banyak berpikir.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini