Ketahui 4 Cara Tepat Menyimpan Daging Sapi Ini dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Selasa 23 November 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 12 2506253 ketahui-4-cara-tepat-menyimpan-daging-sapi-ini-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-w0XjldWeGd.jpg Ribe Eye Steak Pack (Foto: Dok Tanihub)

Dalam mengolah daging memang sedikit sulit, termasuk pada proses penyimpanannya. Sehingga, Anda juga sangat perlu mengetahui bagaimana cara menyimpan daging dengan benar karena bisa saja kualitas daging akan menurun dan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Mulai dari proses awal setelah membeli, tempat penyimpanan, suhu hingga durasi harus tepat. Simak penjelasan berikut agar terhindari dari kesalahan dan malah menyebabkan keracunan.

Cara Menyimpan Daging yang Tepat

 

Sirloin Steak pack/TaniHub

Tempat yang paling aman dalam menyimpan daging sapi adalah freezer. Nah, berikut beberapa tips menyimpan daging yang benar.

1. Simpan di dalam freezer

Daging yang disimpan dalam freezer bersuhu -18 derajat Celcius akan menonaktifkan mikroba yang ada, seperti jamur dan bakteri. Aktivitas enzim dalam daging juga akan menjadi lebih lambat.

Hal tersebutlah yang menjadi pemicu utama daging menjadi busuk. Sehingga, bila Anda belum mengolah dalam waktu dekat maka sebaiknya simpan terlebih dahulu di dalam freezer.

2. Daging lebih tahan lama jika kedap udara

Menyimpan daging dalam kemasan plastik dan toples biasa saja sebenarnya sudah cukup. Namun, bila disimpan menggunakan kemasan vacuum, daging akan bertahan lebih lama dan mempertahankan kesegarannya.

Anda bisa menambahkan vacuum sealer pada daging sebelum menyimpannya di freezer.

3. Segera simpan

Setelah tiba di rumah, sebaiknya Anda segera menyimpan daging ke dalam kulkas. Karena ada jarak waktu antara Anda membeli sampai ke rumah yang cukup lama.

Maka, untuk menghindari daging cepat membusuk, sebaiknya Anda segara memasukkannya ke dalam freezer agar tetap segar.

4. Perhatikan durasi penyimpanan

Daging yang disimpan di dalam freezer juga memiliki waktu bertahan. Untuk daging steak bisa bertahan selama 6-12 bulan, daging sapi giling selama 3-4 bulan, dan daging yang sudah dimasak biasanya bisa bertahan selama 2-3 bulan yang bergantung pada suhu dan kualitas kulkas.

Kandungan daging sapi

Daging Sapi Topside/TaniHub

Daging sapi segara banyak mengandung zat besi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gr daging sapi mengandung zat gizi berikut ini.

• 66,0 gr air

• 201 kal energi

• 18,8 gr protein

• 14,0 gr lemak

• 1,2 gr abu

• 11 mg kalsium

• 170 mg fosfor

• 2,8 mg besi

• 105 mg natrium

• 378 mg kalium

• 4,58 mg tembaga

• 5,2 mg seng

• 9 mkg Vitamin A

• 198 mkg Beta-keroten

• 0,08 mg Vitamin B1

• 0,56 mg Riboflavin

• 1,3 mg Niasin

Manfaat daging sapi

 

Beef Sirloin Steak pack/TaniHub

1. Membantu mencegah anemia

Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia pada tubuh yang ditandai dengan kelelahan. Daging sapi mengandung zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam dan ikan, sehingga diklaim mampu membantu mencegah terjadinya anemia.

Protein hewani ini mengandung zat besi heme yang ternyata lebih efektid dibandingkan zat besi non heme yang berasal dari tumbuhan.

2. Dapat menjaga massa otot

Daging sapi merupakan sumber protein yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein tersebut akan membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan aktivitas otot.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan seng yang terdapat dalam daging sapi bersifat antioksidan yang bertanggung jawab dalam menghasilkan antibodi yang bisa melawan radikan bebas penyebab penyakit kronis. Selain itu, antibodi yang dihasilkan juga dapat membantu tubuh terlindung dari infeksi.

4. Membantu mempercantik kulit

Kandungan tokoferol dan vitamin E yang cukup tinggi pada daging sapi mampu melawan kolagen yang bisa meningkatkan penuaan kulit. Ubiquinol yang terdapat pada bagian daging tertentu juga bisa berperan sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan oksidatif pada kulit.

Daging segar tentu menjadi menu santapan menarik yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh dengan rasanya yang lezat. Nah, untuk memperoleh daging berkualitas saat ini Anda tidak perlu repot lagi karena sudah ada jasa yang siap mengantarkan langsung ke depan rumah.

Lalu, bagaimana caranya? Anda bisa langsung belanja di TaniHub yang menyediakan berbagai bahan pangan berkualitas. Harga terjangkau dan banyak promo menarik yang diberikan, yuk belanja di TaniHub sekarang!

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini