10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 481 2506097 10-manfaat-daging-babi-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-fbLwdv15GQ.jpg 10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan (Foto: Timesofindia)

10 MANFAAT daging babi untuk kesehatan dan kecantikan masih banyak orang yang jarang tahu. Bagi penikmatnya, rasa daging babi sudah tak perlu diragukan lagi.  

Tapi, ternyata daging babi tak hanya enak, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan. Melansir laman Health Benefit Times pada Selasa (23/11/2021), berikut adalah beberapa manfaat daging babi untuk kesehatan tubuh.

Kandungan energi yang tinggi

10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan

(10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Foto: Timesofindia)

Babi yang diternakkan memiliki tingkat energi yang tinggi karena mereka banyak makan dan tidak banyak melakukan aktivitas di lengan. Daging babi yang diternakkan menawarkan 457 kalori per 100 gram.

Kalori dan energi ini memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas, memperkuat kekebalan tubuh, mencegah kelelahan dan meningkatkan fokus dalam melakukan aktivitas.

Energi dan kalori babi hutan lebih sedikit dibandingkan dengan babi yang diternakkan. Ini hanya mengandung 376 kalori untuk 100 gram daging.

Protein tinggi

Daging babi memiliki kandungan protein yang tinggi. Ukuran porsi 100 gram daging mengandung 11,9 gram protein. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk massa otot, meluruhkan lemak dan menjaga kekuatan dan kekebalan tubuh.

Meskipun kadar proteinnya tinggi, jangan lupa bahwa lemaknya juga terlalu tinggi. Penderita obesitas tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging babi.

Menyediakan kalsium

Daging babi yang dibudidayakan atau liar, masing-masing memiliki 7 mg untuk 100 gram. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalsium sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.

Jadi konsumsi daging babi memberikan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis dan membantu pertumbuhan bagi mereka yang berada di usia pertumbuhan.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kuliner Babi Terenak di Jakarta

Kehadiran fosfor

10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan

(10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Foto: Timesofindia)

Selain kalsium, ia juga memperoleh fosfor. Ukuran porsi 100 gram daging babi mengandung 117 mg fosfor. Fosfor sangat penting untuk beberapa fungsi yang harus dilakukan oleh tubuh seperti kesehatan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang. Fosfor juga dapat ditemukan pada sayuran, udang dan daging merah.

Baca Juga : Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Makan Sate Babi Paling Enak dan Legendaris di Bali

Mencegah risiko anemia

Mirip dengan daging merah, daging babi juga bermanfaat untuk menyembuhkan anemia. Daging merah seperti daging sapi, domba dan babi memiliki kandungan selenium yang merupakan ekstrak yang digunakan untuk mencegah anemia.

Anemia adalah kondisi kesehatan yang kekurangan plasma darah merah dan penderita sering merasa pusing, lemas, tidak sehat, mudah terserang penyakit dan juga cenderung muntah. Konsumsi daging merah seperti daging babi banyak mengandung selenium yang dapat menyembuhkan anemia dan juga mencegah terjadinya anemia.

Sumber seng

Daging babi mengandung seng yang dibutuhkan tubuh meski tidak setinggi daging lainnya. Seng diperlukan untuk produksi plasma darah merah, mempercepat pemulihan bekas luka, mencegah anemia dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh. Seng merupakan komponen penting sehingga seseorang bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi daging merah.

Menambah rasa pada makanan

10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan

(10 Manfaat Daging Babi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Foto: Timesofindia)

Babi goreng menghasilkan minyak yang disebut lemak babi yang rasanya enak jika dipadukan dengan sir goreng atau lauk sebagai bahan tambahan.

Fungsinya seperti minyak dan sayur sawit untuk memberikan cita rasa yang istimewa. Jangan lupa untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang karena mengandung lemak dan kalori yang tinggi yang berbahaya bagi kesehatan.

Menjaga kesehatan kulit

Daging babi memiliki tingkat kolagen yang tinggi yang penting untuk menjaga kulit, wajah dan tubuh. Konsumsi daging babi menawarkan manfaat kolagen yang membantu kulit menghilangkan jerawat, mencegah dan meminimalkan anti-penuaan, mengencangkan kulit dan juga menghidrasi kulit.

Membentuk otot

Daging babi memiliki energi dan kalori yang tinggi yang berguna untuk membangun otot, memperkuat kekebalan tubuh dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini juga digunakan untuk menghubungkan lemak.

Orang yang kurang gerak atau tidak berolahraga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging babi karena akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit seperti serangan jantung dan kolesterol.

Kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini mencegah tubuh dari penyakit yang penting untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Kekebalan tubuh sangat penting untuk pemulihan dari cedera. Sistem kekebalan yang baik membantu seseorang untuk segera sembuh.

Konsumsi daging babi memiliki kandungan lemak dan energi yang tinggi sehingga membantu seseorang memiliki kekebalan tubuh yang baik untuk melindungi tubuh dari berbagai masalah. Jadi mengkonsumsi daging babi dalam jumlah sedang mungkin bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini