Musim Hujan Tiba, Begini Cara Hindari Tertular Influenza

Antara, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 481 2506310 musim-hujan-tiba-begini-cara-hindari-tertular-influenza-9vs2ZBCjzS.jpg Musim hujan (Foto: flickriver)

SAAT musim hujan tiba, terkadang kita tertular penyakit seperti influenza, batuk, sakit tenggrokan. Nah, agar tak terkena berbagai penyakit seperti itu, terutama influenza, maka kita harus selalu mencuci tangan dan meningkatkan higienitas.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Prof dr Cissy B Kartasasmita SpA(K) PhD meminta agar masyarakat rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air secara teratur.

 mencuci tangan

"Sebaiknya juga tidak bersalaman dengan orang lain, apalagi juga di tengah pandemi," ujarnya. Ini menghindari influenza dan Covid-19 sekaligus.

Selain rajin mencuci tangan, memakai masker juga sangat penting agar terhindari dari virus influenza. Sebab memakai masker bisa menghindari penularan.

Lalu tidak berbagi makanan atau penggunaan benda pribadi, seperti gelas atau botol minum.

Dokter Cissy juga menyarankan vaksinasi influenza yang juga menjadi salah satu upaya mencegah tertular penyakit influenza.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan juga diberikan pada anak-anak usia enam bulan hingga lima tahun, mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Lalu, mereka yang memiliki masalah kesehatan kronis, para pekerja kesehatan dan orang-orang yang rentan tertular influenza. "Pada anak, vaksinasi mengurangi influenza pada anak sebesar 60-90 persen," kata Dokter Cissy.

 Baca juga: Bisa Kena Koinfeksi Covid-19, Ini Kelompok yang Harus Dapat Vaksinasi Flu

Pada individu sehat di bawah usia 65 tahun, efektivitas vaksin bisa sampai 90 persen.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini