5 Cara agar Kulit Tak Cepat Menua, Jaga Cantik Awet Mudamu!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 611 2505902 5-cara-agar-kulit-tak-cepat-menua-jaga-cantik-awet-mudamu-Lj5poMGvpj.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

USIA yang terus bertambah membuat kulit kusam, timbul kerutan hingga elastisitanya mengendur. Bagi sebagian besar perempuan, munculnya tanda-tanda penuaan bisa memengaruhi kepercayaan diri. 

Gaya hidup tak sehat dan stres menjadi faktor penyebab penuaan lebih cepat. Karenanya, dengan perawatan yang tepat dan beberapa perubahan gaya hidup, kamu dapat dengan mudah memperlambat proses penuaan kulit dan menjaga cantik awet mudamu. 

Berikut cara agar kulit tak cepat menua yang dilansir dari laman Times of India, Selasa (23/11/2021). 

1. Tetap Terhidrasi

Minum Air Putih

Setidaknya minumlah delapan gelas air sehari untuk menjaga kulit Anda terhidrasi, kenyal dan halus. Dehidrasi dapat mempercepat munculnya kerutan dan garis halus.

Selain membuat kulit Anda menjadi lebih mulus, memperbanyak minum air juga baik lho untuk kesehatan tubuh Anda lainnya. Misalnya tidak mudah lemas, atau menghindari bibir pecah-pecah dan hui kering.

Baca Juga : Tips Perawatan Kecantikan Wajah dari Usia 20, 30 hingga 40 Tahun

2. Jaga kulitmu dari paparan sinar matahari

Sinar matahari ternyata bahaya lho buat kulit. Paparan sinar UV matahari dapat merusak kulitmu yang menyebabkan penuaan dini berupa hiperpigmentasi, bintik matahari, kerutan atau bintik-bintik.

Untuk mencegahnya, selalu gunakan tabir surya di atas 30 SPF sebelum kamu keluar dan juga saat berada di dalam ruangan.

Baca Juga : Pentingnya Cegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahun

3. Rajin mengonsumsi makanan sehat

Selain itu, rajin konsumsi makanan yang kaya Vitamin E dan C. Vitamin ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas merusak sel kulit.

Makanan ini dapat meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulitmu. Makanan yang dimaksud seperti kacang-kacangan, produk susu, biji-bijian, minyak sayur, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, cabai, kiwi dan lemon kaya akan vitamin ini.

4. Hindari stres

Saat stres, kulit dan rambut yang kita miliki secara langsung mencerminkan hal itu. Lakukan hal-hal yang menenangkan indera dan membuatmu tetap rileks, seperti berlatih meditasi dan yoga. Melukis, bernyanyi, memasak, berlari, atau berolahraga jika itu yang membuat Anda tetap fokus.

5. Jangan lupa hapus makeup

Hapus Makeup

Tidur dengan makeup dapat menyumbat pori-pori, dan dapat menyebabkan munculnya jerawat atau bahkan kerutan. Oleh karena itu jangan lupa menghapus riasan apa pun di wajah sebelum tidur.

Dengan membersihkan makeup dapat membantu kulit bernapas, dan mencegah kotoran atau kotoran lain merembes ke dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini