Juara 2 dari Bawah, Menkes Ingin Sektor Bioteknologi Indonesia Dikembangkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 612 2506110 juara-2-dari-bawah-menkes-ingin-sektor-bioteknologi-indonesia-dikembangkan-bKHQbJQdsV.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PANDEMI Covid-19 menyadarkan banyak negara akan peran bioteknologi kesehatan terhadap ketahanan kesehatan nasional. Memang, perkembangan bidang bioteknologi sangat berpengaruh terhadap penanganan kesehatan di masa-masa kritis seperti ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, berdasarkan Global Biotechnology Inovation Scorecard 2021, sektor bioteknologi di Indonesia masih menempati posisi 52 dari 54 negara. Salah satunya, karena masih rendahnya sumber daya manusia di bidang ini.

"Tahapan penting dalam membangun ketahanan kesehatan nasional adalah peningkatan kualitas SDM bidang bioteknologi kesehatan, termasuk para peneliti yang diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan kesehatan dengan terus berinovasi," terang Menkes Budi dalam acara Pfizer Biotech Fellowship, Selasa (23/11/2021).

Menkes Budi

"Rangkaian kegiatan ini sejalan dengan tujuan sistem nasional iptek yang ditetapkan pemerintah Indonesia, patut diapresiasi sebagai strategi dalam membangun ekosistem pendidikan dan penelitian yang mendukung peningkatan sumber daya manusia di bidang bioteknologi kesehatan," lanjutnya.

Dia pun berharap program ini dapat mendorong kemajuan bioteknologi kesehatan di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Sebab, melalui program fellowship ini siswa dapat memberikan ide dan gagasannya untuk menciptakan inovasi di bidang bioteknologi Kesehatan.

"Ke depannya inovasi tersebut dapat memberikan masukan dalam penyusunan roadmap perkembangan bioteknologi kesehatan di Indonesia. Dengan berkembangnya penelitian dan bioteknologi di bidang kesehatan. Sehingga pemanfaatannya dapat dioptimalkan untuk masyarakat Indonesia," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini