3 Lokasi Pemakaian Masker yang Paling Rendah, Salah Satunya Tempat Wisata

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 612 2506217 3-lokasi-pemakaian-masker-yang-paling-rendah-salah-satunya-tempat-wisata-9XeGf6ih8w.jpg pakai masker (Foto: istockphoto)

MENURUT data Google Mobility Index per 15 November 2021, tidak hanya mall atau pusat tempat perbelanjaan yang kini sudah ramai lagi. Tapi tempat-tempat wisata juga saat ini sudah mengalami peningkatan pengunjung. Bahkan pemukiman, dalam konteks kunjungan silaturahmi keluarga juga meningkat.

Sayangnya, peningkatan mobilitas dan aktivitas masyarakat ini belum dibarengi dengan kedisplinan protokol kesehatan, sesederhana memakai masker. Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro menyebutkan, Satgas Covid-19 mendapati ada tiga lokasi dengan tingkat kepatuhan yang paling rendah.

 masker

“Dari hasil pantauan Satgas per tanggal 14 November 20210, persentase pemakaian masker masih tinggi tapi di restoran, tempat wisata dan pemukiman, tertangkap sebagai lokasi yang paling rendah tingkat kepatuhan memakai maskernya,” ujar dr. Reisa, dalam siaran langsung dikutip dari akun chanel Youtube Sekretariat Presiden.

Sebagai informasi, ternyata pengamatan pemakaian masker oleh Satgas Covid-19 ini dilakukan di luar kegiatan makan dan minum yang memang membuat setiap orang harus membuka maskernya.

“Jadi tingkat pemakaian masker yang rendah ini terjadi saat percakapan dan interaksi di luar makan minum, terutama di dalam restoran. Dalam konteks bahwa virus masih ada dan terus bermutasi, cakupan vaksinasi belum 100 persen dan disiplin protokol kesehatan yang jadi turun, ini sangat berbahaya,” tutup dr. Reisa

 Baca juga: Bukan Masker Biasa, Masker Emas Ini Bernilai Rp109 Juta!

Harus menjadi perhatian, setelah mobilitas dan interaksi sosial meningkat tajam. Belakangan ini bisa dilihat terjadinya tren kenaikan kasus, seperti pola yang terlihat di setiap masa libur karena ada mobilitas masyarakat yang tak dibatasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini