Anak Sulit Konsentrasi saat Sekolah Online? Coba Ajari dengan 4 Tips Ini

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 612 2506238 anak-sulit-konsentrasi-saat-sekolah-online-coba-ajari-dengan-4-tips-ini-URIh0NCwav.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu masalah yang dihadapi para orangtua selama pandemi ini adalah membimbing anak saat sekolah online. Sangat penting untuk menciptakan lingkungan di mana anak-anak dapat belajar atau melakukan tugas mereka dengan gangguan minimal.

Televisi, musik dan mungkin telepon seluler saat sekolah online menjadi gangguan bagi seorang anak. Apalagi jika anak malah browsing internet saat belajar. Tindakan ini pun akan membuat fokus anak berkurang.

Melatih kemampuan konsentrasi kepada anak-anak sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dilakukan melalui kegiatan sehari-hari. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini seperti dilansir dari parenting firstcry.

Beri waktu untuk bersenang-senang

Anak-anak bisa kewalahan jika mereka terlibat dalam sejumlah tugas pada saat yang bersamaan. Terlalu banyak tugas dapat melelahkan otak kecil mereka, jadi beri mereka cukup waktu untuk bersenang-senang dan bersenang-senang.

Dengan cara ini, mereka tidak tertekan dan terbuka untuk bekerja atau belajar tanpa ribut-ribut. Aktivitas apa pun yang berpotensi membuat mereka cepat lelah atau tampak tidak menarik untuk usia mereka harus dihindari.

Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan

Sebelum anak Anda ke ruang belajar, Anda terlebih dahulu menciptakan lingkungan yang menyenangkan dengan memperkenalkan beberapa permainan yang menarik. Seperti salah satunya dengan puzzle, balok-balok dan permainan angka atau huruf.

Secara tidak langsung permainan itu akan membuat mereka penasaran dan mengarahkan mereka ke meja belajar. Dengan begitu, kemampuan konsentrasi anak Anda akan meningkat karena aktivitas tersebut akan menstimulasi indera sensoris dan konsentrasinya.

Tetapkan batas waktu untuk belajar

Pastikan Anda menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas belajar kepada anak. Karena hal ini akan membuat anak Anda menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan.

Namun, pastikan batas waktu yang Anda tetapkan tidak terlalu pendek atau terlalu lama karena bisa membuat anak cemas. Menetapkan batas waktu yang kaku juga dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk fokus.

Batas waktu 15 menit atau 20 menit akan membuat mereka tetap fokus pada tugas, dan perhatian mereka tidak akan terlalu goyah. Batas waktu yang lebih lama dapat menyebabkan kurangnya perhatian dan gangguan, dan tujuannya dapat dikalahkan.

 

Istirahat yang cukup

Pastikan anak Anda tidak begadang selama kegiatan sehari-hari dan cukup tidur di malam hari. Mengistirahatkan tubuh dan otak sangat penting jika ingin meningkatkan konsentrasi anak. Dorong istirahat di siang hari juga karena dia mungkin sibuk sepanjang hari dengan sejumlah kegiatan, dan tidur siang akan meningkatkan tingkat konsentrasinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini