Deretan Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat

Calista Angelina, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 481 2506861 deretan-makanan-yang-harus-dihindari-oleh-penderita-asam-urat-fw9N0hzOfw.jpg Deretan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat (Foto: Boldsky)

DERETAN makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat penting untuk diketahui. Karena, diet atau pola makan yang tepat merupakan cara terbaik untuk mencegah dan meminimalisir timbul risiko lainnya akibat asam urat.

Maksud dari risiko lainnya adalah tingginya asam urat dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Tak hanya itu, risiko penyakit katarak, ginjal bahkan jantung. Asam urat adalah sejenis radang sendi akibat penumpukan di dalam darah dan mengkristal di persendian. Asam urat paling sering terjadi pada kaki dan jari kaki.

Umumnya, Asam urat lebih banyak dialami pria. Persentase tinggi juga dialami wanita usia 60 tahun keatas. Jika Anda atau orang terdekat Anda menderita asam urat, maka Anda cukup familiar dengan istilah ‘purin’. Purin adalah senyawa alami yang ditemukan di banyak makanan.

Ketika purin dipecah dalam pencernaan, tubuh Anda menghasilkan asam urat. Oleh karena itu, orang yang menderita asam urat dianjurkan untuk makan lebih sedikit purin agar menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat.

Dilansir dari Foodzie, Berikut 7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Alkohol (terutama bir, wiski, vodka)

Deretan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

(Deretan Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat, Foto: Boldsky)

Ada dua alasan penting yang perlu diketahui. Pertama, minuman ini membutuhkan ginjal untuk bekerja menarik alkohol keluar dari aliran darah, dan efeknya meninggalkan lebih banyak asam urat dalam darah.

Kedua, alkohol gandum semacam bir, wiski, dan vodka ini mengandung ragi, yang tinggi purin. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa purin itu tidak baik bagi asam urat.

Baca Juga : 8 Cara Obati Sakit Asam Urat pada Kaki, Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah

2. Daging organ dan hewan buruan

Daging organ yang dimaksud seperti pankreas, hati, ginjal, lidah, dan jantung itu sangat tinggi purin, jadi sudah pasti harus dihindari agar mencegah serangan asam urat.

Tak hanya itu, daging hewan buruan juga mengandung purin yang sangat tinggi. Antara lain, daging rusa, burung pegar, burung puyuh, dan kelinci.

Lalu sekedar informasi, untuk daging merah sebagian besar mengandung kadar purin yang sedang. Jadi lebih baik untuk mengurangi konsumsi daging merah.

Baca Juga : Kadar Asam Urat yang Tinggi Jadi Risiko Timbulnya Batu Ginjal

3. Ikan dan mayoritas seafood

Deretan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

(Deretan Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat, Foto: Boldsky)

Kalau bicara soal seafood itu cukup rumit, pasalnya ada beberapa yang memiliki kadar purin yang lebih tinggi dan ada yang sedang. Namun, Ikan dengan kadar purin tinggi yang harus dihindari oleh penderita asam urat, antara lain:

Teri

Ikan kod

Haddock

Ikan haring

Kerang

Ikan sarden

Kerang

Ikan trout

Tuna

Kepiting (terutama asam urat kronis)

Salmon tampaknya dapat menjadi alternatif karena kebanyakan penderita asam urat tidak memiliki masalah dengan salmon. Lalu, lobster dan udang mengandung kadar purin yang lebih rendah, jadi tetap dapat dinikmati namun ingat jangan terlalu banyak!

4. Gula dan makanan tinggi fruktosa

Fruktosa merupakan salah satu jenis gula yang secara alami terdapat dalam buah dan madu. Meski dianggap sehat tetapi dapat menyebabkan penyakit asam urat. Purin dilepaskan ketika tubuh Anda memecah fruktosa, yang menyebabkan penumpukan asam urat.

Oleh karena itu, penderita asam urat harus menghindari atau membatasi:

Soda

Jus buah

Pemanis buatan menggunakan fruktosa

5. Karbohidrat olahan

Deretan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

(Deretan Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Urat, Foto: Boldsky)

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, nasi putih, dan makanan penutup yang manis itu dibuat dengan tepung putih yang dianggap rendah purin, namun mereka memiliki indeks glikemik yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa indeks glikemik yang tinggi dapat menghasilkan kadar asam urat yang lebih tinggi.

Bukan berarti Anda harus menghindari semua karbohidrat. Faktanya, menurunkan asupan karbohidrat secara keseluruhan dapat meningkatkan kadar asam urat juga. Maka kuncinya adalah mengganti setidaknya beberapa karbohidrat olahan Anda dengan mulai membuat sandwich roti gandum utuh.

6. Bit (Oksalat)

Tidak serta merta hanya menghindari purin, tetapi oksalat juga. Sayuran bit, sama dengan kebanyakan sayuran lainnya yaitu rendah purin. Namun, kaya akan senyawa kimia yang disebut oksalat.

Oksalat memiliki efek yang sama dalam tubuh manusia yaitu meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Sayuran lain yang mengandung oksalat tingkat tinggi meliputi:

Okra

Rhubarb (buah sayur asam memiliki batang mirip seledri)

Lobak

7. Coklat

Coklat, penuh dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau sukrosa. Nah, tingkat pemanis yang sangat tinggi pada cokelat tersebut jauh melebihi potensi manfaat kesehatannya. Cokelat yang dapat membantu mencegah asam urat adalah kakao tanpa tambahan gula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini