Ini Standar yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Jadi Chef Profesional

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 612 2506887 ini-standar-yang-harus-dipenuhi-jika-ingin-jadi-chef-profesional-DKLhOULz4D.jpg Chef profesional (Foto: Webbspy)

CHEF adalah pekerjaan yang disukai banyak orang saat ini. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang mencoba untuk bisa menjadi chef dengan berbagai cara, termasuk mengikuti ajang pencarian bakat seperti MasterChef Indonesia misalnya.

Namun punya gelar chef berarti Anda harus memiliki beberapa kualitas diri yang dibutuhkan untuk menjadi chef profesional. Mengutip buku Pengetahuan Dasar Kuliner karya Asosiasi Chef Indonesia, berikut adalah beberapa standar yang harus dimiliki oleh seorang chef profesional.

 Chef

1. Sikap positif terhadap pekerjaan

Guna menjadi chef profesional yang baik, Anda perlu menyukainya dan ingin melakukan yang terbaik. Seorang chef berpengalaman tahu persis saat keadaan super sibuk.

Chef yang memiliki sikap positif biasanya bekerja dengan cepat, efisien, rapi, dan melaksanakan keamanan. Para profesional memiliki kebangaan atas karyanya dan ingin memastikan apa yang diciptakannya itu membanggakan dirinya.

2. Memiliki daya tahan

Dalam dunia masakan perlu memiliki stamina, fisik, dan kesehatan yang prima serta kemauan bekerja keras. Tekanannya bisa luar biasa ditambah dengan jam kerja panjang dan sangat melelahkan.

Anda bisa bekerja di malam hari ataupun di akhir pekan saat orang lain sedang berlibur. Anda bisa sangat jenuh ketika di sekolah membuat 2 sampai 3 lusin roti. Terlebih saat Anda diterima di hotel ternama dan harus menyelesaikan 3.000 canape untuk pesta.

3. Mampu bekerjasama dengan orang lain

Kita bisa menghitung jari bahwa hanya beberapa dari Anda yang bekerja di sebuah dapur mungil dan Anda satu-satunya staf disitu. Bekerja pada dapur operasional merupakan kerjasama tim.

Jadi, dapat bekerjasama dalam tim dan berkoordinasi satu sama lain merupakan hal yang esensial. Buang segala ego pribadi, cemburu dengan chef lain, atau dengki terhadap seseorang.

4. Mau untuk belajar

Banyak hal yang perlu dipelajari dalam memasak. Chef papan atas di dunia mengakui bahwa mereka perlu lebih banyak belajar dan melakukan eksperimen.

Industri kuliner berubah begitu cepat, jadilah seorang yang selalu terbuka dengan ide-ide baru. Sebagus apapun teknik Anda memasak, Anda akan belajar mendapatkan hal-hal yang lebih baik.

 Baca juga: Mengenal Sosok Chef Termuda di Malaysia, Raih 17 Medali di Kejuaraan Dunia

5. Keterampilan lengkap

Para chef profesional sejatinya karena mereka memang suka masak. Ini menjadi motivasi penting, tetapi penting juga mengembangkan dan memelihara kemampuan lainnya yang dibutuhkan dalam membina profesi ini.

Untuk meraih sukses, seorang chef harus memahami dan mengatur biaya memasak makanan dan keuangan lainnya, mengatur dan memelihara penyimpanan yang benar, berurusan dengan pemasok dan paham akan manajemen personalia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini