Yuk Ajarkan Anak Memilah Sampah Plastik

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 612 2507001 yuk-ajarkan-anak-memilah-sampah-plastik-1ymiUsYfeE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGAJARKAN anak untuk memilah sampah plastik sangatlah menyenangkan dan punya banyak manfaat. Si kecil sejak dini pun sudah bisa mengenal serta mencintai lingkungan agar terbebas dari sampah plastik, yang dimulai dari rumah.

Pewakilan Mondelez Indonesia Khrisma Fitriasari mengatakan, banyak msyarakat yang tidak peduli dengan sampah. BPS juga menyebut 72 persen orang tidak peduli dengan sampah plastik.

"Ingin memberi edukasi terkait nilai ekonomi dari sampah plastik dan pemanfaatannya sebagai barang berguna. Baik anak maupun orangtua bijak mengelola sampah plastik," tuturnya dalam acara Virtual Press Conference - Mondelez #BijakPlastikSejakDini.

Psikolog Saskhya Aulia Prima M.Psi dari TigaGenerasi menjelaskan, membangun kesadaran untuk mencintai lingkungan perlu dilakukan sejak anak TK atau SD. Kalau membiasakan seseorang untuk bijak mengelola plastik sejak dini ini juga lebih bagus.

Ke depannya anak-anak ini bisa menjadi generasi yang sadar untuk menjaga lingkungan, semakin kecil diajarkan, semakin baik dampaknya," katanya

Namun Saskhya menambahkan ada proses yang perlu dilewati orangtua agar si kecil punya kebiasaan peduli lingkungan. Prosesnya tentu tidak instan dan dimulai dari lingkup keluarga.

Baca Juga: Bank Sampah Bisa Jadi Solusi Ubah Perilaku Masyarakat

Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah. Mana sampah plastik atau bahan makanan dan ini perlu dipisahkan.

"Anak-anak ini terbagi-bagi usianya. Kalau anak lebih kecil mungkin akan menyenangkan kalau kita orangtua mencontohkan, misalnya membuat tempat sampah berbeda-beda di rumah dan memilih sampah," ujarnya.

Di samping itu, orangtua pun bisa mengenalkan cara memilah sampah dengan menonton film atau video singkat tentang lingkungan. Menurut Saskhya, mengajak si kecil nonton dampaknya pun lebih kompleks.

"Orangtua bisa ajak anak nonton film kartun kartun misal tentang bahaya plastik terhadap kehidupan binatang laut dan ini bisa membangun kesadaran anak," ujarnya.

Selain itu, mengajarkan anak agar sadar lingkungan juga bisa dengan games. Anak balita setidaknya sudah paham dengan kategorisasi, maka sangat tepat untuk tahu cara memilah sampah.

"Jadi gak hanya sisi pengetahuan, tapi juga perilakunya. Orangtua juga perlu konsisten dalam mengajarkan," tambahnya.

Saskhya juga berbagi tips menyenangkan untuk mengajak anak mengelola sampah plastik. Mulailah dari rumah, dengan mencontohkan kebiasaan ini kepada anak-anak.

"Agar anak melek, orangtua perlu melakukan duluan, biasakan anak-anak mandiri, gimana cara buang sampah yang benar," ujarnya.

Kalaupun sampah masih bisa didaur ulang sendiri, maka ajak anak untuk berkreasi DIY dari sampah plastik.

"Kalau misalnya bikin mainan atau benda pembelajaran lain bahkan juga bisa buat dari sampah dan ini lebih ramah lingkungan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini