10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala Alami, Cepat dan Ampuh!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 481 2507277 10-minuman-untuk-obat-sakit-kepala-alami-cepat-dan-ampuh-AIHdJ3vT3f.jpg 10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala (Foto: Boldsky)

10 MINUMAN untuk obat sakit kepala dapat Anda coba di rumah ketika masalah ini datang menyerang. Sakit kepala dapat didefinisikan sebagai rasa sakit di kepala dan leher, yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan atau faktor lingkungan seperti suara keras, infeksi, stres, bahkan dehidrasi.

Sebelum mencoba meredakan sakit kepala dengan berbagai obat yang dapat menyebabkan ketergantungan dan efek samping, Anda juga bisa memilih alternatif untuk mengobati sakit kepala dengan mengonsumsi minuman.

Dilansir dari laman Simple Lose Leaf, berikut adalah 10 rekomendasi jenis minuman yang dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan sakit kepala.

Teh hijau

10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala

(10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala, Boldsky)

Teh hijau terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Tanaman yang sama digunakan untuk membuat semua jenis teh lainnya, teh putih, kuning, oolong, gelap dan hitam. Camellia sinensis secara alami berkafein, yang berarti semua teh asli akan mengandung kafein.

Kafein adalah stimulan yang mungkin baik dan buruk, tergantung bagaimana dan kapan Anda menggunakannya. Apa yang benar-benar menarik tentang kafein adalah bahwa itu benar-benar dapat membantu menghilangkan rasa sakit, terutama dengan sakit kepala dan migrain.

Kafein adalah bahan aktif dalam banyak obat yang digunakan untuk mengobati sakit kepala, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari secangkir teh. Namun, ada bagian yang kontradiktif juga. Ini juga bisa menjadi sumber sakit kepala Anda.

Baca Juga : Pakai Masker Terlalu Ketat Bikin Sakit Kepala, Ini Cara Mengobatinya

Feverfew

Feverfew atau Tanacetum parthenium mungkin bukan secangkir teh biasa, tetapi secara tradisional ini mungkin salah satu solusi alami terbaik untuk mengobati sakit kepala, migrain, dan berbagai jenis nyeri, termasuk menjelang menstruasi.

Peppermint

Baik teh peppermint maupun minyak peppermint telah digunakan untuk mengobati sakit kepala selama berabad-abad. Penyebutan pertama minuman peppermint yang digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah pada tahun 1902.

Jahe

10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala

(10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala, Boldsky)

Beberapa teh sama serbagunanya dengan jahe. Saat ini, jahe adalah salah satu bahan paling umum di dapur dan tersedia di hampir semua supermarket. Studi menunjukkan bahwa jahe mungkin seefisien obat biasa untuk mengobati sakit kepala akut.

Dosis efektif untuk mengobati sakit kepala adalah secangkir teh yang dibuat dengan 2-3 gram akar jahe pada awal sakit kepala migrain, dan satu lagi jika gejala migrain masih ada 2 jam kemudian.

Baca Juga : Sakit Kepala saat Menatap Layar Komputer, Pertanda Apa?

Lavender

Lavender digunakan mirip dengan peppermint, baik sebagai teh yang dibuat dengan seduhan bunga lavender dalam air mendidih, atau secara topikal dalam bentuk minyak esensial. Menghirup minyak esensial lavender dapat membantu meredakan sakit kepala akut dan migrain juga.

Rhodiola

Rhodiola, tanaman adaptogenik yang penting digunakan tidak hanya untuk mengobati sakit kepala, tetapi juga menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi. Tanaman adaptogenik populer karena kemampuannya untuk mengurangi stres secara alami dan membantu berbagai masalah terkait stres.

Chamomile

10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala

(10 Minuman untuk Obat Sakit Kepala, Boldsky)

Chamomile, atau lebih tepatnya, chamomile Jerman atau Matricaria recutita, juga dapat membantu meredakan migrain. Ini telah digunakan secara tradisional karena sifatnya yang menenangkan.

Ginko

Studi menunjukkan gingko mungkin merupakan tanaman yang menjanjikan dalam mencegah, daripada mengobati sakit kepala. Dalam beberapa percobaan, gingko membantu mengurangi frekuensi migrain atau menghilangkannya sepenuhnya untuk sebagian besar peserta.

Krisan

Teh krisan mungkin tidak tersedia secara luas dan populer di negara-negara barat, tetapi memang memiliki banyak manfaat. Dalam Pengobatan Tradisional Cina, krisan telah digunakan untuk mengobati sakit kepala dan pereda nyeri lainnya selama bertahun-tahun. Rasanya juga sangat lezat dan manis.

Rosemary

Rosemary, ramuan kuliner aromatik yang populer, memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Ini mungkin membantu untuk gangguan sistem saraf seperti kecemasan, tetapi juga dapat memberikan aktivitas analgesik dan meningkatkan memori. Dalam pengobatan tradisional, sering digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini