4 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 481 2507596 4-tips-tetap-sehat-di-masa-pandemi-EvbJbE3bKv.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SEBAGIAN masyarakat telah bekerja kembali di kantor atau WFO. Kebiasaan sehari-hari pun berubah dan Anda tentunya harus menjaga kondisi fisik.

Ketika pergi ke kantor, tentu akan menguras energi. Kemungkinan untuk jatuh sakit bisa terjadi bila kondisi tubuh drop.

Ada sederet tips yang bisa Anda lakukan untuk bersiap aktivitas normal di masa pandemi ini. Yuk simak!

1. Menjaga imunitas

 Masker

Selama pandemi Covid-19, menjaga imunitas tubuh menjadi hal wajib. Jika mungkin di rumah Anda tak banyak menyita waktu untuk bergerak, maka rutinitas di kantor tentu akan berubah.

Apalagi saat di rumah lebih banyak rebahan serta tak menjaga pola makan, dampaknya bisa mengalami penambahan berat badan, kehilangan massa otot, sampai jantung dan paru-paru yang melemah. Kondisi seperti ini pasti membuat Anda letih saat di kantor.

Maka salah satu yang bisa dilakukan yaitu berolaharga. Dikutip American College of Sports Medicine (ACMS), Anda dianjurkan untuk berolahraga minimum 30 menit. Mulai dari jalan cepat, atau jogging, ataupun kombinasi antara keduanya.

2. Waspadai skindemi

Karena berada di luar rumah dalam jangka panjang, Anda tentu wajib pakai masker. Namun ketika pakai masker, wajah Anda akan mudah berjerawat, kusam karena lembap dan sebagainya. Waspadai ini termasuk gejala skindemi atau masalah kulit yang muncul akibat kebiasaan-kebiasaan yang tercipta selama pandemi.

Dr. Kevin Adrian dari Alodokter mengatakan, penggunaan masker dalam waktu yang lama membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker, gesekan ini yang memicu iritasi kulit. "Selain itu menghela napas dan berbicara saat menggunakan masker juga akan menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi lembap."

3. Berhenti merokok

Mungkin saat inilah menjadi waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Tahu enggak, skindemi juga sangat rentan dialami para perokok.

Sebab Anda akan buka-tutup masker, yang bisa menjebak hawa panas hasil pembakaran rokok di area yang tertutup masker. Akibatnya pori-pori mudah tersumbat sehingga bakteri dan kuman mudah berkembang biak.

Disebutkan para ahli, produk tembakau alternatif bisa jadi solusi. Sebab banyak produk tembakau alternatif yang dapat dikonsumsi tanpa pembakaran seperti kantung tembakau, kantung nikotin, bahkan produk tembakau yang dipanaskan.

Peneliti pada University of Michigan School of Public Health Ken Warner pun menyebut produk tembakau alternatif ini bisa jadi sarana buat berhenti merokok karena merupakan produk yang jauh lebih rendah risikonya.

“Produk tembakau tanpa asap tak diragukan memiliki risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan rokok. Produk-produk ini mungkin dapat membantu perokok berhenti merokok,” ungkapnya dikutip dari ABC News.

 

4. Waspadai dampak rokok

Merokok bisa menyebabkan bau mulut serta munculnya deretan penyakit oral lainnya berkat sejumlah residu hasil dari pembakaran rokok. Sementara produk-produk tembakau alternatif tidak melalui proses pembakaran tanpa menghasilkan residu.

Para peneliti menyebut, produk tembakau yang dipanaskan misalnya, yang menghantarkan nikotin dengan memanaskan tembakau pada alat berteknologi khusus. Hal ini tentu sangat membantu Anda untuk mencegah deretan risiko bahaya merokok yang mengganggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini