5 Cara Mudah Atasi Masalah Rambut Rontok, Anti Patah-Patah!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 611 2507460 5-cara-mudah-atasi-masalah-rambut-rontok-anti-patah-patah-enAnfqrAnB.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

TAK hanya ketombe, rambut rontok menjadi salah satu masalah yang dihadapi perempuan. Perawatan rambut rontok dengan sampo atau kondisioner saja tak cukup. 

Selain itu, Anda juga perlu mengatur pola makan dan memastikan jumlah nutrisi, vitamin, dan protein yang tepat. Berikut cara mengatasi masalah rambut rontok yang dilansir dari Pinkvilla, Jumat (26/11/2021). 

Gunakan sisir anti kusut alih-alih catokan

Sisir Rambut

Menggunakan alat panas setiap hari dan tidak bermain-main dengan gaya rambut alami dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Ganti catokan dan alat pengeriting rambut dengan sisir anti kusut.

Sisir anti kusut dapat menghilangkan kusut rambut Anda dengan menghilangkan simpul dengan lembut. Sangat cocok untuk rambut basah dan cukup efektif setelah menggunakan kondisioner.

Baca Juga : 6 Produk untuk Atasi Rambut Kusut, Cegah Kerontokan!

Manfaatkan sisir kayu dengan gigi lebih lebar

Jenis sisir yang Anda gunakan juga bisa menjadi penyebab rambut rapuh dan tidak sehat. Jangan gunakan sisir rambut plastik yang memiliki gigi sempit karena dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Sebaliknya, Anda bisa beralih ke sisir rambut kayu dan ucapkan selamat tinggal pada rambut berminyak, ketombe, rambut rontok dalam sekejap.

Baca Juga : Selain Sehat, Ini 5 Perawatan agar Rambut Tetap Berkilau dan Lembut

Buang karet gelang elastis dan ganti ke bahan satin

Karet gelang elastis mungkin menarik rambut Anda setiap kali Anda menguncirnya. Tidak peduli seberapa tinggi atau rendah kunciran yang Anda ikat, kerusakan rambut dan kerontokan rambut pasti akan membuka jalannya.

Karenanya, beralihlah ke ikat rambut berbahan satin sutra karena tidak menyebabkan kerusakan dan kerutan. Selain itu, scrunchies tidak menyebabkan sakit kepala seperti halnya ikat rambut elastis yang ketat.

Gunakan towel rambut untuk mengeringkan rambut basah 

Jika Anda mengeringkan rambut dengan handuk setelah setiap mencuci rambut, maka Anda menyambut rambut rontok. Gunakan bungkus handuk atau T-shirt handuk untuk menyerap semua air dari rambut basah Anda. Ini menghindari kekusutan rambut sedangkan serat kasar handuk normal Anda dapat merusak rambut Anda.

Gunakan minyak rambut seminggu sekali

Minyak Rambut

Rambut Anda membutuhkan sedikit kelembapan seperti kulit wajah Anda. Jika Anda berhenti meminyaki rambut Anda, rambut Anda mungkin menjadi kering dan keriting.

Dianjurkan untuk menggunakan minyak kelapa seminggu sekali sehingga rambut Anda akan mengunci jumlah kelembapan yang tepat yang dibutuhkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini