Atasi Banjir, DLH Kabupaten Rembang Lakukan Gerakan Tanam 1.000 Bibit Pohon

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 612 2507243 atasi-banjir-dlh-kabupaten-rembang-lakukan-gerakan-tanam-1-000-bibit-pohon-Q36pHGCBKS.jpg Tanam pohon (Foto: Ist)

HARI Menanam Pohon Indonesia yang jatuh tiap 28 November menjadi momentum bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu Dinas Lingkungan Hidup Rembang, Jawa Tengah melakukan gerakan menanam 1.000 bibit berbagai jenis pohon.

Penanaman pohon di wilayah Kabupaten Rembang ini dilakukan melalui kerjasama dengan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan Blibli. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KDLH) Rembang, Dwi Purwanto mengatakan, pemerintah kabupaten Rembang terus berupaya menyelesaikan berbagai isu lingkungan.

 tanam pohon

Pemkab Rembang telah menjalankan berbagai program untuk menjaga keasrian lingkungan demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Adapun program tersebut adalah jumat bersih, pemantauan pencemaran air, dan mendukung penuh kegiatan menanam pohon.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, karena alasan bencana alam, Kabupaten Rembang dipilih menjadi lokasi yang tepat untuk dilakukannya gerakan menanam 1.000 bibit pohon.

"Rembang ini cukup menarik, potensi bencana alamnya cukup tinggi terutama di wilayah bagian atas. Paling banyak itu banjir bandang. Oleh sebab itu saya melihat ada banyak lahan kritis yang harus diperbaiki untuk menghindari hal ini," terang Dwi, dalam acara Aksi Cinta Bumi Penanaman 1.000 Bibit Pohon, Kamis (25/11/2021).

VP Director of Djarum Foundation, FX Supanji, mengatakan program penanaman bibit pohon ini akan terus berlangsung secara berkelanjutan. Tidak hanya di kawasan Kabupaten Rembang saja, namun menyasar ke seluruh wilayah di Tanah Air.

"Program kami besar sekali. Merak- Bayuwangi telah ditanami pohon trembesi. Pohon ini berbentuk besar dan dapat hidup hingga ratusan tahun. Pohon trembesi ini sangat bagus untuk menyerap co2. Kedepannya kami akan melakukan penanaman bibit pohon di lintas Sumatera," terang Supanji.

COO Blibli, Lisa Widodo, menambahkan bahwa penanaman 1.000 bibit pohon di Rembang, Jawa Tengah, merupakan hasil dari pengumpulan 10 ribu kardus bekas yang telah dikembalikan para pelanggan di beberapa titik di Jabodetabek selama periode 2020-2021.

 Baca juga: Presiden Jokowi Tanam Pohon Kayu Putih di Kawasan Gunung Pepe

"Beragam jenis pohon ditanam yang terdiri dari 350 pohon berbunga, 200 pohon buah, dan 450 pohon untuk penghijauan. Adapun penanamannya dilakukan di area lahan kosong milik Dinas Lingkungan Hidup Rembang di Jalan Nasional Rembang-Blora KM 5," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini