Hari Ikan Nasional, Ini 5 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 298 2507835 hari-ikan-nasional-ini-5-manfaat-makan-ikan-untuk-kesehatan-tubuh-x5GIzXzWUf.jpg Ikan salmon (Foto: Diethood)

HARI Ikan Nasional (Harkanans) diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November. Harkannas ditetapkan oleh Presiden melalui Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2014 tanggal 24 Januari 2014.

Penetapan Hari Ikan Nasional dilandasi dua pertimbangan yang pertama adalah bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa, dan pertimbangan kedua dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Ini karena ikan juga dikenal sebagai salah satu makanan yang penuh dengan manfaat jika dikonsumsi secara rutin dengan jumlah yang cukup.

Melansir laman Eat This pada Jumat (26/11/2021), berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi ikan secara rutin dengan jumlah yang cukup.

 ikan

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology, konsumsi ikan dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung koroner fatal dan total.

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung yang dapat mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung Anda, dan mencegah penyakit kronis.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Ikan juga merupakan makanan penting untuk otak Anda. Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, konsumsi makanan laut yang moderat dikaitkan dengan risiko penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki lebih banyak materi otak abu-abu, yang mengurangi penyusutan dan kerusakan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak.

Meskipun mereka mencatat bahwa konsumsi makanan laut juga berkorelasi dengan tingkat merkuri yang lebih tinggi di otak, itu tidak berkorelasi dengan neuropati otak.

 

3. Dapat Membantu Menurunkan Gejala Depresi

Makanan laut ini juga luar biasa untuk kesehatan mental Anda. Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan bahwa minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi ketika dikonsumsi dengan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), sejenis antidepresan.

Meskipun ada laporan bahwa minyak ikan mengurangi gejala depresi dengan sendirinya, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim ini.

4. Sumber Vitamin D yang Hebat

Menurut The National Institutes of Health, ikan kaya akan vitamin D, dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk nutrisi penting ini. Menurut NIH, vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Karena 70% populasi AS tidak memenuhi Perkiraan Rata-Rata Intake (EAR) vitamin D setiap tahun, tentu akan sangat membantu jika Anda menambahkan lebih banyak makanan padat nutrisi ini ke dalam makanan Anda.

Baca juga: 'Berpesta' di Tubuh Ikan, Parasit Ini Makan Lidah hingga Ludes Tak Tersisa

5. Membantu Meningkatkan Penglihatan dan Kesehatan Mata

Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan menemukan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Ini karena otak dan mata sangat terkonsentrasi pada asam lemak omega-3 dan membutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan fungsinya, menurut temuan AHRQ. Ikan adalah salah satu sumber terbaik dari lemak baik ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini