7 Masakan Khas Nusantara Berbahan Ikan, Bikin Ketagihan!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 298 2507859 7-masakan-khas-nusantara-berbahan-ikan-bikin-ketagihan-qdHuiWA66t.jpg Arsik (Foto: Inst)

INDONESIA memiliki beragam jenis olahan ikan, khususnya di sejumlah daerah di Nusantara. Masakan berbahan dasar ikan ini sangat menarik, nikmat, lezat dan menggugah selera.

Olahan ikan di Indonesia umumnya memakai racikan bumbu dan rempah-rempah yang sangat otentik. Tak heran, jika masakan khas Indonesia menjadi primadona dan juga sampai mendunia.

Memperingati Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap 26 November, dari sederet olahan ikan yang lezat berikut ini beberapa jenis daerah di Indonesia yang punya olahan ikan yang lezat dan nikmat, seperti dikutip dari berbagai sumber;

 nila toba tauco

1. Nila Toba Tauco, Sumatera Utara

Makanan khas dari Sumatera Utara (Sumut) memang selalu menarik perhatian, serta menggugah selera. Salah satunya adalah Nila Toba Tauco, hidangan lezat yang bisa Anda coba.

Nila Toba Tauco merupakan salah satu kuliner dari Medan, Sumut. Dinamakan Toba tauco karena kudapan satu ini juga bisa ditemukan di kawasan Danau Toba.

Saus yang dipakai berasal dari tauco Medan. Kemudian dicampur dengan bahan lainnya, seperti cabai rawit, cabai keriting merah, bawang putih, bawang merah, salam, sereh, lengkuas, jahe, garam, gula dan jeruk nipis atau limo agar ikan tidak bau.

Hidangan ini memiliki cita rasa pedas, yaitu berasal dari cabai. Selain nila, Anda bisa juga menggantinya dengan jenis ikan lainnya. Misalnya lele, bawal, serta aneka seafood lainnya.

Bagi wisatawan Muslim jangan khawatir. Nila Toba Tauco merupakan salah satu kuliner halal. Nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

2. Sop Ikan khas Batam

Kuliner selanjutnya adalah sop ikan Batam. Rasanya gurih, lezat apalagi disajikan selagi hangat bersama nasi putih.

Bahan dasar dari sop ini yaitu ikan, udang, cumi, bawang goreng, dan disajikan bersama kuah segar dengan bumbu khas dan irisan tomat hijau.

3. Arsik asal Tanapuli

Tak hanya Nila Toba Tauco, Sumatera Utara juga memiliki olahan ikan lainnya yaitu dinam arsik. Ikan yang dijadikan kudapan yang ini menggunakan ikan mas yang masih segar.

Ikan mas tersebut kemudian dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah khas Sumatera Utara, seperti andaliman, kecombrang, asam gelugur atau patikala, dan lokio atau bawang batak.

Proses masaknya pun terbilang unik, yakni bahan-bahan di atas disusun di atas panci, lalu ikan mas segar yang sudah dilumuri bumbu kuning diletakkan di atasnya.

 Baca juga: Resep Ikan Bakar Sambal Kecap, Lezat dan Simpel Banget

4. Gabus Pucung khas Betawi

Selanjutnya adalah gabus pucung, merupakan kuliner khas Betawi dan termasuk makanan legendaris asal suku tersebut. Bahkan kini cukup langka ditemukan lho.

Cara membuatnya hampir sama dengan rawon, yaitu tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan air kluwek dan ikan gabus yang sudah dipotong dan dilumuri air jeruk nipis. Masak hingga bumbunya meresap dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan nasi hangat.

Asal usul makanan ini juga terbilang unik. Mulanya wilayah di Jakarta didominasi oleh perairan seperti rawa, empang, dan sungai sebagai habitat ikan gabus.

5. Rujak Ikan khas Gorontalo

Rujak ikan khas Gorontalo ini memiliki rasa yang cukup unik dan spesial, karena ditambah ikan tuna sebagai toping tambahannya sehingga rasanya berbeda dengan kebanyakan rujak lainnya.

Bahan-bahan rujak ikan ini terbilang sederhana lho, yaitu mangga muda dan pepaya muda yang diparut membentuk arsiran tipis. Kemudian minyak kelapa murni, ketumbar, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil dan yang spesial adalah smoked tuna (tuna diasapi).

Menariknya lagi agar rujak ikan ini lebih segar, ditambah dengan perasaan jeruk kunci, dan potongan cabai merah supaya sensasi pedasnya terasa.

Juga Tak lupa disajikan dengan kerupuk terbuat dari beras, serta disajikan di alas daun pisang, sehingga aromanya lebih terasa dan kuat.

6. Seruit khas Lampung

Olahan ikan yang satu ini terkenal sebagai makanan khas Provinsi Lampung. Ikan yang digunakan sebagai bahan baku adalah ikan sungai seperti ikan belide, ikan baung, ikan layis atau lain sebagainya.

Ikan diolah dengan cara digoreng atau dibakar, yang unik ikan disajikan bersama sambal tempoyak. Tempoyak sendiri adalah sambal terasi yang dicampur durian fermentasi.

7. Sate Bandeng khas Banten

Sate bandeng adalah makanan kebanggaan masyarakat Banten yang juga populer jadi oleh-oleh.

Sate bandeng terbuat dari ikan bandeng olahan yang sudah dicampur bumbu. Daging bandeng terasa empuk dan lembut tentunya tanpa duri. Sate bandeng paling nikmat disantap bersama nasi putih dan sambal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini