Surstromming, Sajian Ikan Paling Bau Busuk Sedunia dari Swedia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 298 2508004 surstromming-sajian-ikan-paling-bau-busuk-sedunia-dari-swedia-QEDKvxtybx.jpg Sustromming makanan ekstrem dari Swedia (Foto: Thelocal)

SURSTROMMINGpernah dengar nama makanan asal Swedia ini? Jika berencana mengunjungi Swedia, Anda harus mencobanya. 

Namun, mungkin saja Anda menjadi salah satu dari sekelompok kecil pemberani yang menikmati setiap bagian dari Surstromming! Ya, melansir laman Eggsploitation pada Jumat (25/11/2021), Surstromming adalah makanan ekstrem khas Swedia yang terbuat dari ikan haring.

Surstromming

(Surstromming, Foto: Routesnorth)

Tentu saja, kedengarannya tidak terlalu buruk, namun, hal penting tentang hidangan ini adalah cara memasak herring yang tepat. Masalah dengan Surstromming adalah fakta bahwa itu difermentasi secara alami.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, fermentasi adalah salah satu cara utama pengawetan makanan. Banyak hal yang dapat difermentasi, namun tidak semuanya memiliki rasa yang enak setelah difermentasi.

Baca Juga : Beondegi, Makanan Ekstrem Korea Selatan dari Ulat Sutera

Surstromming

(Surstromming, Foto: Routesnorth)

Anda dapat dengan mudah membayangkan bau yang berasal dari ikan yang difermentasi. Sangat penting untuk tidak salah mengira fermentasi untuk pengawetan. Surstromming terbuat dari ikan haring Baltik terkecil yang biasanya ditangkap di musim semi. Seperti yang baru saja Anda pelajari, itu berfermentasi secara alami.

Baca Juga : Escamoles, Makanan Ekstrem dari Meksiko Tawarkan Sensasi Santap Larva Semut yang Digoreng

Satu-satunya bahan yang ditambahkan ke hidangan ini sebelum fermentasi adalah garam. Proses fermentasi ikan dipandu oleh enzim asam laktat yang ada di tulang belakang ikan haring.

Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk Surstromming untuk fermentasi sepenuhnya. Kemudian, dimasukkan ke dalam kaleng dan, dalam bentuk seperti itu, tersedia di toko-toko.

Sayangnya, cara tradisional menyiapkan Surstromming hanya membuat ikan berbau asam yang datang secara alami selama proses fermentasi dengan hidrogen sulfida. Campuran ini terlalu banyak tidak hanya untuk sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Swedia tetapi juga bagi banyak orang Swedia.

Bagaimana jika Anda memutuskan untuk mencobanya?

Jika Anda tergila-gila bereksperimen dan tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru atau, kebetulan, Anda baru saja menemukan deskripsi Surstromming yang menarik, Anda harus tahu cara memakan hidangan ini dengan benar.

Surstromming

(Surstromming, Foto: Thelocal)

Pertama-tama, disarankan untuk membuka kaleng Surstromming di baskom berisi air. Hal ini terjadi karena kaleng berisi ikan diberi tekanan. Setelah Anda berhasil membuka kalengnya, Anda harus mengeluarkan ikan haring dan mencucinya.

Ikan ini biasanya dikonsumsi dengan roti pipih khas Swedia yang agak manis. Roti ini disebut tunnbröd. Sebenarnya, Anda bisa membuat sandwich dengan Surstromming, irisan bawang bombay dan kentang almond yang dipotong-potong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini