Share

7 Tanda Tubuh Kebanyakan Kafein, Malah Bikin Insomnia?

Calista Angelina, Okezone · Jum'at 26 November 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 612 2508042 7-tanda-tubuh-kebanyakan-kafein-malah-bikin-insomnia-iPcAt33ezJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOPI memang menjadi salah satu asupan yang bisa meningkatkan fokus dan merasa lebih berenergi serta bersemangat. Selain itu, kafein juga bisa menekan nafsu makan, sehingga bisa mengontrol berat badan.

Kafein juga dapat menstimulasi terjadinya termogenesis, yaitu proses pengubahan makanan menjadi panas dan energi oleh tubuh. Tapi, kafein bisa memiliki sifat adiktif, karenanya konsumsi berlebihan juga membawa efek negatif bagi tubuh. Dilansir dari Craftteafox, berikut 7 tanda tubuh Anda Kebanyakan Kafein.

Selalu merasa lelah

Ketika Anda minum kopi terlalu banyak, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak memiliki energi dan fokus sebanyak yang Anda harapkan - bahkan setelah istirahat malam yang nyenyak!

Jika Anda terus-menerus lelah, maka Anda mungkin ingin mencoba minum lebih sedikit kopi. Dimungkinkan untuk perlahan-lahan menyapih kopi dengan menggantinya dengan alternatif yang memiliki sedikit atau tanpa kafein.

Kopi

Konsumsi kopi berlebihan dalam sehari

Satu porsi kopi di pagi hari sudah cukup membantu meningkatkan energi Anda. Meskipun toleransi kafein antar individu itu berbeda tetapi para ahli merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 400mg kafein, atau 4 porsi kopi dalam sehari.

Susah tidur

Banyaknya jumlah kafein dalam tubuh memengaruhi kualitas tidur Anda. Anda jadi susah tidur, atau waktu bangun menjadi tidak teratur. Hal ini bisa menjadi masalah, karena tubuh butuh istirahat. Tidur dibutuhkan untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Kurang tidur membuat Anda selalu merasa lelah,


Gelisah dan cemas

Kegugupan akibat kafein ini juga merupakan salah satu pertanda terlalu banyak kafein dalam tubuh Anda. Umumnya, kelebihan kafein ini menyebabkan efek samping termasuk peningkatan detak jantung, kegelisahan dan kecemasan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Gigi menjadi kuning

Keseringan minum kopi meninggalkan noda pada gigi Anda. Tidak langsung, tetapi dalam jangka panjang. Noda tersebut disebabkan oleh penumpukan tanin pada email gigi. Tanin ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam kopi dan teh hitam. Perlu pembersihan profesional dari dokter gigi untuk benar-benar menghilangkan noda tersebut. Namun, cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi kopi, atau jika selalu menggunakan sedotan.

Sakit kepala

Kopi menyebabkan kecanduan. Hal ini karena zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia menyebabkan Anda mengalami ketergantungan. Jika Anda tidak mengonsumsinya, tubuh jadi tidak nyaman, cemas dan berujung sakit kepala. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangkan mengurangi asupan kopi Anda atau menggantinya dengan sesuatu yang lebih ringan.

Pencernaan terlalu lancar

Pasti Anda heran bukannya baik ya pencernaan lancar? Ya! tetapi jika terlalu lancar juga tidak baik. Kafein bersifat sebagai pencahar alami yang mempercepat pergerakan usus. Jangan heran jika Anda selalu merasa ingin BAB setelah mengonsumsi minuman berkafein. Namun, konsumsi kafein berlebih dapat membuat feses menjadi lebih cair dan meningkatkan asam lambung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini