Share

Disebut Bantu Turunkan Berat Badan, Kenapa Konsumsi Kopi Malah Sebabkan Berat Bertambah?

Calista Angelina, Okezone · Sabtu 27 November 2021 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 612 2508085 disebut-bantu-turunkan-berat-badan-kenapa-konsumsi-kopi-malah-sebabkan-berat-bertambah-cDxnR9RHWg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOPI selain populer untuk meningkatkan energi, minuman ini juga berkontribusi menjaga kesehatan dan mampu membantu menurunkan berat badan Anda. Faktanya populasi global mengonsumsi lebih dari 160 juta kantong kopi dalam setahun.

Seorang ahli diet yang terdaftar di Preg Appetit, Ashley Shaw juga menjelaskan ada cara tertentu untuk menurunkan berat badan dengan kopi. Menurutnya, hal itu baru bisa terjadi jika bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa pemanis tambahan yang berlebihan.

"Kopi dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan juga secara keseluruhan," kata Ashley Shaw, RD seperti dilansir dariInsiders.

Kopi

Kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan menjaga kesehatan jantung. Tentu Anda sudah tahu kopi juga mengandung kafein, yang berguna meningkatkan metabolisme, energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Kopi hitam merupakan minuman rendah kalori. Penurunan berat badan selalu erat kaitannya dengan defisit kalori, kalori yang Anda konsumsi lebih sedikit dibanding yang Anda bakar. Kopi hitam dipandang ideal karena mengandung kurang dari 5 kalori per porsi (satu cangkir 8-0z). Namun, itu hanya berlaku pada kopi hitam.

"Meskipun kopi hitam rendah kalori, kopi hitam dapat menjadi tinggi kalori, gula, dan lemak ketika susu dan gula yang berbeda ditambahkan ke dalamnya," ujar Ashley Shaw.

Lalu, kafein meningkatkan metabolisme yaitu proses di mana tubuh memecah nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari. Selain itu, kafein juga dapat mengurangi rasa lapar.

Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara kafein yang mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kadar ghrelin (hormon yang membuat Anda merasa lapar).

Namun, kopi juga dapat menjadi tidak sehat bahkan menyebabkan penambahan berat badan, jika Anda menambahkan kalori ke minuman Anda (susu atau gula ke dalam kopi).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini