30 Tahun Hadir di Indonesia, Yakult Setia Menjadi Minuman Keluarga Sehat

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 12 2508366 30-tahun-hadir-di-indonesia-yakult-setia-menjadi-minuman-keluarga-sehat-QlmiHccWze.jpg Foto: Dok Yakult Indonesia

Jakarta-Tak terasa, Yakult Indonesia yang berada dibawah naungan PT. Yakult Indonesia Persada, tahun ini telah menginjak usia 30 tahun. Yakult telah memberikan kontribusi dan berkomitmen untuk menyehatkan keluarga Indonesia. Di usia yang cukup matang ini, Yakult telah mampu menjadi minuman susu fermentasi favorit keluarga. Berbagai kalangan usia, balita, remaja dan dewasa suka minum Yakult setiap hari.

Meskipun di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tak menyurutkan semangat Yakult untuk menebarkan kebaikan kepada masyarakat. Tepat pada perayaan ulang tahun ke-30 ini, Yakult merayakannya secara virtual bertema “Terima Kasih 30 Tahun Bersama Yakult”. Tema tersebut memiliki arti perusahaan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada karyawan, ibu-ibu Yakult Lady, dan keluarga termasuk pelanggan. Sebab, berkat merekalah Yakult bisa terus beraktivitas memberi pelayanan dan kontribusi terhadap masyarakat selama 30 tahun ini.

Pandemi Covid-19 mempengaruhi sederet sektor kehidupan termasuk dinamika bekerja.Tak hanya mempromosikan produknya, Yakult juga melakukan agenda khusus untuk mengingatkan keluarga Indonesia seperti virtual film showing seputar kesehatan dan pencegahan Covid-19, dan kunjungan pabrik virtual untuk melihat proses produksi.

Walapun Film Showing dilakukan secara virtual, namun antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi sangatlah tinggi, terlihat sebanyak 161.710 yang bergabung mengikuti film showing selama September 2020-September 2021. Dan untuk antusias masyarakat mengunjungi Pabrik Yakult di Sukabumi dan Mojokerto secara Virtual diikuti 65.441 orang selama pada periode November 2020 – September 2021. Kunjungan Pabrik secara virtual ini, bertujuan memudahkan masyarakat terutama yang tinggal di luar Pulau Jawa untuk mengetahui bagaimana keamanan dan kehigienisan Yakult diproduksi.

Tak sampai disitu, di beberapa tahun terakhir ini, sederet aktivitas yang dilakukan Yakult kepada masyarakat baik kalangan umum atau medis terutama dalam memerangi Covid-19. Salah satunya, Yakult berinisiatif membantu tenaga medis di klinik, puskesmas, dan rumah sakit sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 dengan memberikan Yakult. Terhitung Maret 2020 sampai Oktober 2021, terdapat 1.487 klinik, puskesmas, dan rumah sakit yang dibantu dengan pemberian lebih dari 4 juta botol Yakult.

 

Dalam rangka usia 30 tahun Yakult bekerjasama dengan organisasi peduli kanker payudara, Lovepink Indonesia mengadakan webinar "Deteksi Dini Kanker Payudara" kepada karyawan, Yakult Lady, dan pelanggan yang telah diikuti 28.857 peserta sejak September – Oktober 2021.

 

Yakult juga berkontribusi untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan menganjurkan seluruh karyawannya melakukan vaksinasi. Terhitung sampai dengan Oktober 2021, sebanyak 86 persen karyawan Yakult Indonesia sudah menjalani vaksinasi.

 

Selain kegiatan kesehatan, Yakult turut melaksanakan kegiatan untuk peduli lingkungan seperti penanaman 35.000 bibit pohon tegakkan di dua tempat yaitu lereng Gunung Halimun Salak, Sukabumi, dan Gunung Penanggungan, Mojokerto, sejak 2015 – 2020 sebagai bentuk kontribusi dalam menjaga alam agar keasrian lingkungan terjaga dan terhindar dari bencana alam.

Selain penanaman pohon, kontribusi Yakult lainnya dalam menjaga alam lainnya yaitu pembuatan sumur biopori atau resapan di dekat perkampungan sekitar Pabrik Yakult. Pembuatan sumur biopori ini bertujuan menangkap air hujan agar tidak mengalir ke sungai namun kembali ke tanah dan bisa dimanfaatkan lagi di masa yang akan datang.

Supaya sampah plastik hasil produksi dapat diolah atau didaur ulang menjadi barang rumah tangga yang bermanfaat, perusahaan sedang melakukan uji coba penarikan sampah plastik pembungkus Yakult di 3 kantor cabang yaitu Bogor 1, Bogor 2, dan Sukabumi.

Penarikan dilakukan oleh ibu-ibu Yakult Lady dan Sales Force sembari mengantarkan Yakult. Plastik yang membungkusi setiap pack Yakult akan dikumpulkan dan dibawa ke pusat daur ulang. Diharapkan, tahun 2029 sebanyak 30 persen sampah plastik termasuk botol-botol Yakult bisa didaur ulang di seluruh 102 kantor cabang.

30 tahun bersama, Yakult menghanturkan rasa terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada karyawan dan ibu-ibu Yakult Lady beserta keluarga serta pelanggan atas bantuannya dalam mewujudkan Yakult sebagai Minuman Keluarga Sehat. Memasuki usia yang ke-30 tahun, Yakult Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Seperti yang diajarkan Dr. Minoru Shirota dalam filosofinya Shirotaisme, Yakult dijual dengan harga terjangkau agar semua kalangan masyarakat mampu mendapatkan manfaatnya. Tujuan inilah yang senantiasa dituju sebagai minuman keluarga sehat Indonesia. Kini Yakult telah tersedia di 40 negara dan menjadi minuman yang dibutuhkan oleh semua usia mulai dari anak kecil hingga lanjut usia.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini