Nagita Slavina Jalani Metode ERACS, Apa Saja Kelebihannya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 612 2508266 nagita-slavina-jalani-metode-eracs-apa-saja-kelebihannya-F97vGsk8bk.jpg Nagita Slavina akan melahirkan, ditemani kedua ibunya. (Foto: Instagram)

ARTIS cantik Nagita Slavina melahirkan anak keduanya Baby R melalui metode caesar. Biasanya, ketika seseorang menjalani proses caesar mereka akan sulit untuk bergerak karena bekas jahitan.

Tapi, Nagita nampak langsung bisa duduk kembali pasca-caesar, hal ini pun membuat netizen tercengang. Beberapa sumber mengatakan bahwa Nagita Slavina menjalani proses kelahiran caesar dengan metode ERACS. Itu kenapa dirinya bisa langsung duduk, yang mana pada metode biasa, pasien caesar baru bisa duduk itu sekitar 24 jam pasca operasi.

Lantas, apa itu ERACS? ERACS merupakan akronim dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery. Ini adalah teknik operasi yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan pasien.

Nagita Slavina

"Metode ERACS sendiri mengandalkan pemberian obat-obatan pereda nyeri yang baik sehingga pasien bisa segera melakukan mobilisasi pasca operasi yang lebih cepat," ungkap laporan resmi laman RS Hermina Makassar yang di-review dr Marhamah, SpOG, dikutip MNC Portal, Sabtu (27/11/2021).

Pada pengerjaannya, ERACS melibatkan beberapa dokter ahli di bidangnya, seperti dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anestesi, dokter anak, dokter gizi, dan keperawatan, dimulai sebelum tindakan operasi dan akan diobservasi beberapa jam setelah tindakan ERACS.

"Dengan menggunakan metode ERACS, dokter anestesi memberikan beberapa jenis pereda nyeri yang aman bagi ibu dan bayinya sehingga diharapkan mobilisasi lebih dini dilakukan dan bunda bisa pulang ke rumah lebih cepat tanpa perlu tinggal lebih lama di rumah sakit untuk proses pemulihan," terang dr Marhamah.

Tahapan pemulihan pasca ERACS tergolong cepat dibandingkan caesar biasa. Secara lebih lengkap, seperti ini alur waktu pasca ERACS:

- 2 jam pasca-operasi sudah bisa duduk dengan normal

- 6 jam pasca-operasi kateter sudah bisa dilepas dan pasien sudah bisa buang air kecil mandiri

- 10 jam pasca-tindakan ERACS, pasien sudah bisa belajar jalan ke kamar mandi sendiri

- Maksimal 24 jam pasien sudah diperbolehkan pulang ke rumah bersama buah hatinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini