5 Bahan Rumahan yang Ampuh Obati Gigitan Nyamuk

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 612 2508302 5-bahan-rumahan-yang-ampuh-obati-gigitan-nyamuk-O5tQoEgolo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

NYAMUK mungkin menjadi salah satu masalah yang banyak dihadapi orang Indonesia. Tinggal di negara tropis, kita mungkin sering berhadapan dengan nyamuk di malam hari, terutama ketika cuaca panas.

Bukan hanya suaranya yang mengganggu, gigitan nyamuk juga bisa membuat rasa gatal bahkan terkadang iritasi ketika digaruk. Seperti halnya gigitan serangga, ketika nyamuk menyengat kita, kita langsung merasakan tusukan dan gatal-gatalsetelahnya.

Pada umumnya, gigitan nyamuk tidak berbahaya, kecuali mereka cenderung menjadi pembawa penyakit tertentu seperti malaria, demam berdarah, zika, chikungunya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan gigitan nyamuk dengan mengobatinya secara efektif.

Untuk membantu Anda meringankan ketidaknyamanan dan mengobati gigitan secara efektif, berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda coba untuk meredakannya dengan cepat, seperti dilansir dari Healthline:

 Nyamuk

Kulit Pisang

Ini mungkin tampak aneh, tapi minyak alami yang ditemukan dalam kulit pisang dapat membantu menenangkan gatal dan nyeri dari gigitan nyamuk. Untuk pengobatan alami ini, cukup ambil kulit pisang dan gosokkan sisi kulitnya pada bengkak gigitan nyamuk.

Kantong teh

Kantong teh bila diterapkan ke kulit dapat membantu menenangkan iritasi dan mengurangi peradangan, serta membantu dalam proses penyembuhan. Anda cukup merendam kantong teh dalam air dingin selama 30 menit dan kemudian mengoleskannya ke kulit Anda untuk membantu meredakan iritasi.

Anda juga dapat menyimpannya kembali di lemari es dan menggunakannya kembali sesuai kebutuhan.

Madu

Madu adalah bahan alami yang dikenal memiliki banyak sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Hanya beberapa tetes madu di tempat gigitan nyamuk dapat mengurangi peradangan dan godaan untuk menggaruk.

Gel Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya telah dikenal memiliki banyak manfaat obat. Gel lidah buaya telah membuktikan sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit dalam segala jenis luka bakar atau peradangan ringan.

Anda cukup memotong sebagian kecil tanaman, dan mengoleskan gel ke area yang terkena gigitan nyamuk. Anda dapat membiarkannya kering dan ulangi sesering yang diperlukan.

Cuka sari apel

Cuka sari apel bertindak sebagai disinfektan alami dan membantu mengurangi rasa perih dan gatal setelah gigitan nyamuk. Hanya mengoleskan beberapa tetes cuka di tempat gigitan nyamuk membantu meredakan rasa sakit dan meredakan gatal.

Anda juga dapat mengencerkan 2 cangkir cuka dalam air mandi Anda untuk membantu mengatasi beberapa gigitan di seluruh tubuh. Namun Anda harus menghentikan pengobatan gigitan nyamuk ini jika Anda menemukan reaksi yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini