Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan bagi Wanita yang Akan Menikah

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 481 2508513 pentingnya-melakukan-pemeriksaan-kesehatan-bagi-wanita-yang-akan-menikah-DvZ3itQ9SR.jpg Wanita akan menikah (Foto: Oke dresses)

SAAT ini kesadaran kaum wanita untuk melakukan pemeriksaan secara berkala masih dapat dikatakan rendah.

"Padahal sejatinya banyak pihak sepakat pentingnya deteksi dini terhadap suatu penyakit amatlah penting," ujar dr.Priscillia belum lama ini.

 pentingnya pemeriksaan kesehatan sebelum menikah

Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Monika, SpOG dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya menjelaskan, bagi wanita yang belum dan akan menikah sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Hal ini penting untuk persiapan menyambut persiapan kehamilan bagi wanita yang akan menikah, mengecek potensi penyakit yang sifatnya dapat menjadi kronis, atau yang nantinya dapat diturunkan ke anaknya pun akan dapat diketahui," terang Dokter Monika.

Pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, ujar Dokter Monika yang umum dapat dilakukan oleh wanita, yaitu pemeriksaan hepatitis yang dikenal dengan HBsAg, di mana pemeriksaan ini dapat melihat apakah ada infeksi hepatitis B akut atau kronis, kemudian pemeriksaan fungsi hati dan ginjal.

Lalu pemeriksaan gula darah, pemeriksaan tiroid, dan TORCH yang sangat baik dilakukan sebelum mendapatkan kehamilan maupun saat hamil.

"Termasuk mengenali kembali metode SADARI, yaitu periksa payudara sendiri, USG perut, dan pemeriksaan lain seperti mammografi bagi wanita diatas 40 tahun atau yang mempunyai faktor risiko tinggi seperti riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium," kata Dokter Monika, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya ini.

 Baca juga: HUT Ke-11 MNC Life, Nakes RS Hermina Daan Mogot Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Adapun pemeriksaan pada medical check up bagi wanita yang sudah menikah hampir sama dengan pemeriksaan pada wanita yang belum menikah. "Hanya saja dapat dilengkapi dengan papsmear dan pemeriksaan penyakit infeksi menular seksual," terang Dokter Monika.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini