Share

Hari Dongeng Nasional, Ini Manfaat Mendongeng untuk Anak

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 612 2508555 hari-dongeng-nasional-ini-manfaat-mendongeng-untuk-anak-dg0ZYL7XpZ.jpg Ibu mendongeng (Foto: North coast courier)

SETIAP Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional. Peringatan ini pertama kali dideklarasikan pada 28 November 2015 oleh Anies Baswedan yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sejatinya Hari Dongeng Nasional yang diperingatkan pada 28 November ini bertepatan dengan tanggal lahir Drs Suyadi atau Pak Raden, karakter yang cukup ikonik dan populer di acara boneka populer tahun 1980-an, Si Unyil.

 mendongeng

Kegiatan mendongeng sendiri sangat berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Hal tersebut dipaparkan oleh Psikolog Anak dan Remaja Dra Mayke S Tedjasaputra, MSi di acara virtual yang digelar pada Minggu (28/11/2021).

“Manfaat bercerita tentu sangat banyak. Yang pasti, itu akan meningkatkan kosa kata anak. Selain itu, perbendaharaan kata anak juga akan lebih banyak,” kata Mayke dikutip dari acara Grofato Ajak Mendongeng, Minggu.

Dia menjelaskan, mendongeng dapat menjadi sarana memberikan pesan-pesan yang mendidik untuk anak tanpa membuat mereka merasa digurui. Selain itu, memperkenalkan anak kepada dongeng sejak dini juga dapat merangsang perkembangan bicara dan bahasa sang buah hati.

“Mendongeng atau bercerita bisa melatih anak untuk menyimak. Kemudian mempertajam daya ingat juga, dan tentunya mempererat hubungan antara orangtua dan anak,” ujarnya.

 Baca juga: Mendongeng Bisa Kurangi Kebosanan Anak saat Pandemi Covid-19

Dengan membacakan dongeng atau bercerita kepada anak, sambung dia, itu akan membuat anak merasa kebutuhannya akan kasih sayang orangtua berhasil terpenuhi. “Selain itu, kegiatan membacakan cerita ini juga bisa mengawali anak agar suka membaca,” kata Mayke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini