Share

8 Aneka Rujak di Indonesia, Foodies Sudah Pernah Cobain Semua Belum?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 298 2509217 8-aneka-rujak-di-indonesia-foodies-sudah-pernah-cobain-semua-belum-pxmTI1hL3S.jpg Rujak U Groh (Foto: YouTube/Yuk Belajar_Ana Channel)

RUJAK, kuliner yang satu ini sudah tentu banyak penggemarnya nih. Selain segar, rujak yang terbuat dari buah-buahan pastinya kaya nutrisi dan vitamin. 

Biasanya, rujak juga disajikan bersama sambal yang membuat cita rasanya semakin segar dan menggoyang lidah. Biacara soal rujak, tahukah kamu jika kuliner ini ada berbagai macam nama yang tergantung dari daerah? Mengutip akun Instagram resmi Pesona Indonesia, berikut aneka rujak yang ada di Indonesia.

Rujak cingur

Agak berbeda dari rujak khas daerah sebelumnya, rujak cingur khas Surabaya terbuat dari cingur (mulut sapi) yang sudah direbus. Kemudian, cingur tersebut dipadukan dengan irisan buah dan sayuran, lalu disiram dengan bumbu petis dan asam Jawa.

Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan buah, rujak asal Banyuwangi ini merupakan kombinasi dari sayuran rebus, tempe, tahu, lontong, yang ditambah dengan potongan daging, jeroan, serta disiram dengan kuah soto panas yang tentunya membuat rasanya menjadi mantap.

Rujak

Rujak Soto

Selanjutnya ada rujak soto yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Rujak soto merupakan kombinasi sayuran rebus, tempe, tahu, lontong, ditambah potongan daging dan jeroan. Rasanya semakin mantap dengan siraman kuah soto panas.

Baca Juga : Rujak Gobet Khas Malang, Rasakan Perpaduan Manis hingga Pedas

Baca Juga : Rujak Kuah Pindang yang Segar Bisa Dibikin di Rumah

Rujak u groh

Rujak u groh merupakan camilan khas Aceh yang terbuat dari batok kelapa muda yang dicampur dengan bumbu rujak serta diberi perasan air jeruk nipis.

Rujak

Rujak mi

Rujak mi merupakan hidangan yang berisi mi kuning atau putih yang dipadukan dengan pempek. Selain itu, makanan khas Palembang ini juga diberi siraman kuah cuko dan toping mentimun.

Rujak juhi

Makanan orang Betawi ini dibuat dari sotong atau cumi kering, yang dipadukan dengan mi kuning dan irisan sayuran yang disiram dengan sambal kacang.

Rujak

Rujak gobet

Ciri khas dari rujak gobet asal Malang ini adalah bumbunya yang terasa pedas, manis, dan gurih. Rujak gobet terbuat dari buah-buahan seperti mangga, bengkuang, nanas, dan nangka muda yang diserut.

Rujak kuah pindang

Rujak kuah pindang merupakan makanan asal Bali yang rasanya menyegarkan. Makanan ini terdiri dari aneka buah seperti mangga, pepaya setengah matang, kedondong, serta jeruk Bali yang diiris tipis plus disiram dengan kuah kepala ikan.

 Rujak

Rujak terasi

Irisan buah segar yang dipadukan dengan kuah merah menjadi ciri khas dari rujak terasi yang berasal dari Lombok ini. Adapun kuahnyanyang merah karena terbuat dari campuran cabai rawit dan terasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini