Diderita Ameer Azzikra Sebelum Meninggal, Ketahui 5 Penyebab Infeksi Liver

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 29 November 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 481 2508836 diderita-ameer-azzikra-sebelum-meninggal-ketahui-5-penyebab-infeksi-liver-240IHaavom.jpg Muhammad Alvin Faiz dan Ameer Azzikra. (Foto: Instagram @alvin_411)

AMEER Azzikra, putra kedua dari almarhum Ustadz Muhammad Arifin Ilham, meninggal dunia pada Senin 29 November 2021 dini hari tadi. Ameer diinformasikan meninggal akibat menderita penyakit infeksi liver.

Kabar duka ini diumumkan Nadzira Shafa, istri Ameer Azzikra. Melalui unggahan di akun Instagram-nya, Nadzira Shafa ikhlas melepas kepergian Ameer.

Baca juga: Innalillahi, Ameer Azzikra Putra Ustadz Arifin Ilham Meninggal Dunia 

"Allah lebih sayang abang ternyata. Selamat jalan Muhammad-ku. 172 hari yang aku lalui bersamamu membuatku bahagia. Terima kasih sudah meminangku menjadi khadijahmu. Aku bahagia, love you," tulisnya.

Info grafis penyebab infeksi liver. (Foto: Okezone)

Lantas, apa penyebab infeksi liver?

Infeksi liver menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Dalam kondisi tertentu, penyakit tersebut memang bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

"Penyakit liver itu bisa muncul karena genetik atau disebabkan oleh berbagai faktor misal virus, tingginya konsumsi alkohol, atau obesitas," jelas laporan kesehatan Mayo Clinic, seperti dikutip MNC Portal pada Senin (29/11/2021).

Baca juga: Waspada! Tidur di Atas Jam 11 Malam Berisiko Penyakit Liver hingga Gagal Jantung 

Seiring waktu, kerusakan pada liver dapat menyebabkan jaringan parut atau sirosis yang dapat menyebabkan komplikasi seperti gagal hati, yang mana itu mengancam nyawa.

Bicara soal penyebab penyakit liver, secara garis besar ada empat, yakni:

1. Infeksi

Parasit atau virus dapat menginfeksi liver yang menyebabkan peradangan dan dapat mengurangi fungsi liver itu sendiri. Virus yang menyebabkan kerusakan liver dapat menyebar melalui darah atau air mani yang terkontaminasi atau kontak erat dengan orang yang terinfeksi. Jenis infeksi liver paling umum adalah virus hepatitis termasuk Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C.

2. Kelainan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat menyerang tubuh kita sendiri, ini yang disebut dengan autoimun. Autoimun sendiri dapat memengaruhi liver. Contoh dari penyakit hati autoimun adalah Hepatitis autoimun, Kolangitis bilier primer.

Baca juga: Detox Liver, Silakan Coba Resep Herbal Ustaz Zaidul Akbar 

3. Genetika

Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orangtua juga dapat menyebabkan berbagai zat menumpuk di hati yang menyebabkan kerusakan hati. Penyakit hati genetik antara lain Hemokromatosis, Penyakit Wilson, dan Defisiensi antitripsin alfa-1.

4. Kanker

Kerusakan hati juga bisa disebabkan oleh kanker, contohnya kanker hati, kanker saluran empedu, atau adenoma hati.

Baca juga: Selain Perkuat Imunitas, Temulawak Lindungi Hati Cegah Kanker 

5. Lain-lain

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa menderita penyakit liver karena penyalahgunaan alkohol, akumulasi lemak di hati, atau karena penyalahgunaan obat herbal yang dijual bebas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini