Austria Deteksi Dugaan Varian Omicron Pertama dari Pelancong Afrika Selatan

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 29 November 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 481 2509121 austria-deteksi-dugaan-varian-omicron-pertama-dari-pelancong-afrika-selatan-2xO3Y0W5ts.jpg Pelancong landing (Foto: Shutterstock)

AUSTRIA melaporkan telah mendeteksi kasus dugaan pertama varian virus corona Omicron baru di Tirol. Hal tersebut disampaikan oleh pihak berwenang yang berada di wilayah pegunungan.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), kasus dugaan infeksi Omicron terdeteksi dari seorang pelancong yang kembali dari Afrika Selatan minggu lalu dinyatakan positif Covid-19 dengan indikasi varian baru.

 balik dari Afrika Selatan

Namun, otoritas Tirol masih memerlukan penyelidikan lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang. Penemuan varian baru Omricon di Afrika Selatan telah memicu kekhawatiran secara global dengan beberapa negara telah memberlakukan pembatasan perjalanan yang ketat.

Pengujian awal oleh Institute of Virology di Innsbruck telah menyebabkan kecurigaan nyata hasil tes PCR positif dari individu di distrik Schwaz Tirol dapat berhubungan dengan kasus Omicron. Sampel sekarang akan dikirim ke Badan Kesehatan dan Keamanan Makanan Austria (AGES) untuk pengujian lebih lanjut.

"Hasil dari AGES diharapkan dalam beberapa hari mendatang," Elmar Rizzoli, kepala staf operasi Covid-19 Tirol, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Orang yang terkena dampak, menurut pernyataannya sendiri dan pengetahuan saat ini, tinggal hampir secara eksklusif di rumah sejak kembali dari perjalanan tiga hari lalu dan saat ini tidak menunjukkan gejala," lanjutnya

Pihak berwenang meminta pengujian lebih lanjut oleh individu yang telah memasuki Austria dalam 14 hari terakhir dari negara-negara di Afrika selatan sebagai tindakan pencegahan.

 Baca juga: Varian Covid-19 Omicron, Virus yang Memiliki 30 Mutasi Protein Spike

Kasus terdeteksi Omicron sudah mulai menyebar di beberapa negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Italia dan Belanda. Austria menjadi negara Eropa barat pertama yang menerapkan kembali tindakan lockdown arena melonjaknya infeksi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini