WHO Prediksi Kemungkinan Varian Omicron Menyebar Secara Global

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 29 November 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 481 2509188 who-prediksi-kemungkinan-varian-omicron-menyebar-secara-global-ZZp8YeMAmS.jpg WHO (Foto: CNA)

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi varian baru virus corona jenis Omicron kemungkinan akan menyebar secara global. Selain itu juga menimbulkan resiko global di mana lonjakan Covid-19 dapat memiliki konsekuensi parah di beberapa daerah.

Menanggapi hal tersebut, Badan PBB mendesak agar mempercepat vaksinasi untuk kelompok prioritas resiko tinggi. Tidak hanya itu, PBB juga menegaskan untuk selalu meningkatkan pelayanan kesehatan di setiap negara.

 risiko penyebaran global

"Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya pada lintasan pandemi," kata WHO seperti dikutip Channel News Asia (CNA), Senin (29/11/2021).

"Risiko global secara keseluruhan terkait dengan varian baru yang menjadi perhatian Omicron dinilai sangat tinggi," lanjutnya.

Kendati demikian, dilaporkan hingga saat ini, tidak ada kematian akibat terinfeksi virus Omicron. Lebih lanjut, WHO menilai bahwa potensi Omicron yang kebal terhadap vaksin masih dalam tahap proses penelitiannya.

"Meningkatnya kasus, terlepas dari perubahan tingkat keparahan, dapat menimbulkan tuntutan besar pada sistem perawatan kesehatan dan dapat menyebabkan peningkatan morbiditas dan mortalitas,” ungkap WHO.

“Dampak pada populasi yang rentan akan sangat besar, terutama di negara-negara dengan cakupan vaksinasi yang rendah," tambahnya.

WHO, dalam panduan terbarunya, menegaskan kembali bahwa negara-negara harus menggunakan pendekatan berbasis risiko untuk menyesuaikan langkah-langkah perjalanan internasional secara tepat.

Dari hasil penelitian sementara WHO, kehadiran beberapa mutasi virus Covid-19 menunjukkan bahwa Omicron mungkin memiliki kemungkinan tinggi untuk lolos dari kekebalan dari perlindungan yang dimediasi antibodi. Namun, potensi kekebalan terhadap vaksin tersebut lebih sulit diprediksi.

 Baca juga: Begini Beda Varian Omicron dibanding Varian Lainnya, Mutasinya 2x Lipat dari Delta!

"Secara keseluruhan, ada ketidakpastian yang cukup besar dalam besarnya potensi lolosnya kekebalan dari Omicron," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini