China Bakal Larang Influencer Pamer Barang-Barang Mewah di Medsos

Calista Angelina, Jurnalis · Senin 29 November 2021 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 612 2508777 china-bakal-larang-influencer-pamer-barang-barang-mewah-di-medsos-XZt2ROzuTD.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MARAKNYA para selebriti serta influencer yang memanfaatkan media sosial untuk memamerkan barang-barang mewah mereka memang menjadi salah satu pemicu banyak netizen yang julid. Oleh karena itu, China salah satu negara yang melarang para seleb dan influencer untuk pamer kekayaan di media sosial. 

Dilansir dari World of Buzz, hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah China untuk mengubah industri hiburan dan fandom negaranya. Dikutip dari Business Insider, Cyberspace Administration of China mengumumkan seluruh akun media sosial selebriti dan klub penggemar harus mengikuti ketertiban umum dan membuat kebiasaan yang baik, mematuhi nilai-nilai yang ada dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Aturan ini dibuat agar netizen China bersosmed lebih baik, karena banyaknya kasus melanda industri hiburan terkait selebriti dengan komunitas penggemarnya. Sebelumnya, Partai Komunis China juga mengatakan bahwa skandal tersebut telah menyebabkan kekacauan sosial di negara tersebut dan harus segera dihentikan. 

Medsos

Dalam pengumuman yang sama, selain melarang seleb pamer kekayaan Administrasi Cyberspace China juga melarang selebriti menyebarkan desas-desus, hoax pribadi, memprovokasi kelompok penggemar untuk 'saling menyerang’ secara verbal dan berpartisipasi dalam penggalangan dana ilegal atau investasi bodong.

Peraturan baru di jejaring sosial Tiongkok ini ditegakkan dengan cara memantau tiap akun. Pemerintah juga meminta bantuan pengguna untuk melaporkan setiap 'kecurigaan tindakan ilegal dan kriminal’ para seleb, khususnya konflik yang melibatkan grup penggemarnya.

Pemerintah China melihat media sosial negaranya harus diawasi untuk mencegah kekacauan sosial. 

Bagaimana menurut kalian? Perlu juga kah peraturan ini diberlakukan di Indonesia ?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini