Share

Tips Mendorong Anak Gemar Membaca, Dicoba Ya Bun!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 29 November 2021 23:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 612 2509179 tips-mendorong-anak-gemar-membaca-dicoba-ya-bun-4TjJQ85Zs6.jpg Mengajak anak membaca (Foto: Everymum)

SELAMA ini anak-anak sering dinilai malas belajar. Padahal membaca merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan.

Oleh karena itu orangtua harus mendorong dan membantu anak agar gemar membaca sejak dini. Dikutip dari Understood, berikut cara mendorong anak gemar membaca.

 membaca

1. Jadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari

Sejak bayi Anda dilahirkan, Anda bisa mulai membesarkan seorang pembaca. Bayi merespons ritme menenangkan dari pembacaan suara dengan keras, serta dipeluk di pangkuan yang hangat. Jika anda menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas harian, anak Anda akan tumbuh dengan kebiasaan itu.

2. Bacalah di depan anak Anda

Apakah anda menyukai buku, majalah, atau novel grafis, biarkan anak anda melihat anda membaca. Anak-anak belajar dari apa yang mereka amati. Jika anda bersemangat membaca, anak anda kemungkinan besar akan menangkap antusiasme anda.

3. Ajak anak main ke perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi buku dan penulis baru secara gratis. Banyak perpustakaan memiliki jam cerita atau program pengembangan literasi lainnya untuk anak-anak. Perjalanan ke perpustakaan memberi anak anda kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan melihat anak-anak lain melakukan hal yang sama.

4. Biarkan anak anda memilih apa yang akan dibaca

Perjalanan ke perpustakaan itu bisa menjadi sangat istimewa ketika anda memberi anak anda waktu untuk melihat-lihat dan menjelajah. Anak-anak lebih cenderung ingin membaca sesuatu yang mereka pilih sendiri. Jika anda khawatir tentang menemukan tingkat atau topik membaca yang tepat, berikan anak untuk memilih buku-buku yang sudah Anda sortir.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini