Gara-Gara Varian Omicron, Jepang Larang Tutup Pintu untuk Turis Asing

Hasyim Ashari, Jurnalis · Senin 29 November 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 612 2509213 gara-gara-varian-omicron-jepang-larang-tutup-pintu-untuk-turis-asing-ZhHrC9CQFP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VARIAN baru Covid-19 B.1.1.529 atau yang biasa disebut omicron memang membuat khawatir banyak pihak. Apalagi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memasukan Omicron dalam list variant of concern.

Banyak negara akhirnya menutup pintu bagi turis asing, salah satunya Jepang yang memberlakukan pengetatan bagi turis asing baru. Keputusan tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri Fumio Kishida.

"Kami akan melarang masuknya orang asing (baru) dari seluruh dunia mulai 30 November," kata Kishida sepertin dikutip dari Channel News Asia (CNA), Senin (29/11/2021).

Warga negara Jepang yang kembali dari sejumlah negara tertentu dapat masuk tetapi harus dikarantina di fasilitas yang ditunjuk, kata perdana menteri.

Perbatasan Jepang hampir seluruhnya tertutup bagi pengunjung asing baru untuk sebagian besar pandemi, bahkan penduduk asing pada satu titik tidak dapat memasuki negara itu.

Pemerintah Jepang telah mengumumkan akan mewajibkan para pelancong yang diizinkan memasuki Jepang dari sembilan negara Afrika selatan untuk dikarantina di fasilitas yang ditunjuk pemerintah selama 10 hari pada saat kedatangan.

Peraturan tersebut berlaku terutama bagi pelancong yang datang dari Afrika Selatan dan negara-negara lainnya seperti Namibia, Lesotho, Eswatini, Zimbabwe, Botswana, Zambia, Malawi, dan Mozambik.

Kishida mengatakan bahwa pembatasan karantina lebih lanjut akan dikenakan pada kedatangan dari 14 negara tambahan di mana varian telah terdeteksi, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Jepang telah mencatat lebih dari 18.300 kematian akibat virus corona selama pandemi, sambil menghindari penguncian yang ketat. Setelah awal yang lambat, program vaksinasi negara itu meningkat pesat, dengan 76,5 persen dari populasi sekarang diinokulasi sepenuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini