Anniversary Ke-30 Th, Ini Kontribusi Nyata Yakult untuk Keluarga Indonesia

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Selasa 30 November 2021 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 12 2509448 anniversary-ke-30-th-ini-kontribusi-nyata-yakult-untuk-keluarga-indonesia-U3wQzMZT1y.jpg Foto: Dok Yakult Indonesia

Jakarta- “Cintai Usus Mu Minum Yakult Tiap Hari”. Siapa yang tak pernah mendengar tagline brand minuman kesehatan keluarga Indonesia satu ini? Tentu sudah familiar di telinga. Tahun ini, Yakult Indonesia yang berada dibawah naungan PT. Yakult Indonesia Persada, menebar kegembiraan untuk masyarakat karena tahun ini, genap berusia 30 tahun.

Tak terasa, Yakult telah memberikan kontribusi dan berkomitmen untuk menjadi minuman sehat bagi keluarga Indonesia selama 30 tahun. Di usia yang cukup matang ini, Yakult telah mampu menjadi minuman susu fermentasi favorit keluarga. Berbagai kalangan usia, balita, remaja dan dewasa suka minum Yakult setiap hari.

Pada tahun 1930, seorang mikrobiologis dari Kyoto University Japan bernama Dr. Minoru Shirota berhasil mengkulturkan bakteri baik L casei Shirota strain menjadi bakteri unggul yang tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu. Bakteri ini mampu mencapai usus kecil dalam keadaan hidup serta menguntungkan bagi manusia.

Tepat pada perayaan ulang tahun ke-30 tahun ini, Yakult merayakannya secara virtual bertema “Terima Kasih 30 Tahun Bersama Yakult”. Tema acara memiliki arti perusahaan mengapresiasi sebesar-besarnya kepada karyawan, ibu-ibu Yakult Lady, dan keluarga termasuk pelanggan.

Acara ini berlangsung meriah dan seru karena menampilkan dua penyanyi cantik yaitu Yuni Sarah dan Rara Lida, yang dipandu oleh Hotz Inspiratif yakni Indra Herlambang dan Ersa Mayori.

Presiden Yakult Indonesia Hiroshi Kawaguchi mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Berkat dukungan masyarakat, Yakult memiliki pelanggan dari berbagai tempat dan wilayah selama 30 tahun ini.

“Yakult bisa terus berkembang dan beroperasi salama 30 tahun berkat dukungan masyarakat Indonesia, karena masyarakat bisa menerima Yakult dan menikmatinya setiap hari. Menjaga pikiran dan tubuh adalah hal yang penting untuk menjalanin kehidupan baahagia. Untuk itu kami Yakult selalu berusaha menghantarkan Yakult minuman sehat dan segar untuk masyarakat Indonesia,” ujar Hiroshi dalam acara Anniversary Yakult 30 Th yang digelar secara virtual pada Sabtu (27/11/2021).

Acara Anniversary Yakult juga semakin bermakna karena memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawan dengan masa kerja Yakult terlama mulai dari masa kerja 5 tahun, 10 tahun, dan 25 tahun.

Siti Sholihah salah satu Yakult Lady yang sudah memiliki masa kerja yang cukup lama mengucapkan rasa terima kasih kepada Yakult Indonesia.

“ Saya menjadi Yakult Lady dari 10 Desember 1990, sampai saat ini saya masih jadi Yakult lady, saya mengucapkan selamat ulang tahun Yakult ke-30, kami sebagai Yakult Lady merasa bangga bisa bekerja dan menjadi bagian dari Yakult Indonesia,” ujar Siti Sholihah.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Director Marketing Communication and Commercial PT Yakult Indonesia Persada Antonius Nababan, mengatakan banyak pencapaian yang telah didapat Yakult Indonesia selama 30 tahun ini secara penjualan selalu alami perkembangan.

“ Dari sisi organisasi, jumlah Yakult Lady terus berkembang, dimana Wanita dewasa kami latih untuk menjadi pusat informasi Yakult yang kini jumlahnya mencapai 11.418 orang di September 2021. Ketersediaan Yakult di toko di Indonesia juga tertinggi di seluruh dunia yaitu 263.703 toko, supermarket dan perusahaan menyediakan Yakult untuk masyarakat pelanggan mereka di area masing-masing,” ujar nya.

Sederet Kontribusi Nyata Yakult di Masa Pandemi

Kondisi pandemi Covid-19 mempengaruhi sederet sektor kehidupan termasuk dinamika bekerja. Namun ini tak membuat Yakult berhenti menyebarkan kebaikan untuk masyarakat Indonesia.

Yakult juga melakukan agenda khusus untuk mengingatkan keluarga Indonesia seperti virtual film showing seputar kesehatan dan pencegahan Covid-19, dan kunjungan pabrik virtual untuk melihat proses produksi.

Meskipun Film Showing dilakukan secara virtual, namun antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi sangatlah tinggi, terlihat sebanyak 161.710 yang bergabung mengikuti film showing selama September 2020-September 2021. Dan untuk antusias masyarakat mengunjungi Pabrik Yakult di Sukabumi dan Mojokerto secara Virtual diikuti 65.441 orang selama pada periode November 2020 – September 2021. Kunjungan Pabrik secara virtual ini, bertujuan memudahkan masyarakat terutama yang tinggal di luar Pulau Jawa untuk mengetahui bagaimana keamanan dan kehigienisan Yakult diproduksi.

Di beberapa tahun belakangan ini, sederet aktivitas yang dilakukan Yakult kepada masyarakat baik kalangan umum atau medis terutama dalam memerangi Covid-19. Salah satunya, Yakult berinisiatif membantu tenaga medis di klinik, puskesmas, dan rumah sakit sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 dengan memberikan Yakult. Terhitung Maret 2020 sampai Oktober 2021, terdapat 1.487 klinik, puskesmas, dan rumah sakit yang dibantu dengan pemberian lebih dari 4 juta botol Yakult.

Dalam rangka usia 30 tahun Yakult bekerjasama dengan organisasi peduli kanker payudara, Lovepink Indonesia mengadakan webinar "Deteksi Dini Kanker Payudara" kepada karyawan, Yakult Lady, dan pelanggan yang telah diikuti 28.857 peserta sejak September – Oktober 2021.

Yakult juga berkontribusi untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan menganjurkan seluruh karyawannya melakukan vaksinasi. Terhitung sampai dengan Oktober 2021, sebanyak 86 persen karyawan Yakult Indonesia sudah menjalani vaksinasi.

Yakult juga turut melaksanakan kegiatan untuk peduli lingkungan seperti penanaman 35.000 bibit pohon tegakkan di dua tempat yaitu lereng Gunung Halimun Salak, Sukabumi, dan Gunung Penanggungan, Mojokerto, sejak 2015 – 2020 sebagai bentuk kontribusi dalam menjaga alam agar keasrian lingkungan terjaga dan terhindar dari bencana alam.

Kontribusi Yakult lainnya dalam menjaga alam lainnya yaitu pembuatan sumur biopori atau resapan di dekat perkampungan sekitar Pabrik Yakult. Pembuatan sumur biopori ini bertujuan menangkap air hujan agar tidak mengalir ke sungai namun kembali ke tanah dan bisa dimanfaatkan lagi di masa yang akan datang.

Agar sampah plastik hasil produksi dapat diolah atau didaur ulang menjadi barang rumah tangga yang bermanfaat, perusahaan sedang melakukan uji coba penarikan sampah plastik pembungkus Yakult di 3 kantor cabang yaitu Bogor 1, Bogor 2, dan Sukabumi.

Penarikan dilakukan oleh ibu-ibu Yakult Lady dan Sales Force sembari mengantarkan Yakult. Plastik yang membungkusi setiap pack Yakult akan dikumpulkan dan dibawa ke pusat daur ulang. Diharapkan, tahun 2029 sebanyak 30 persen sampah plastik termasuk botol-botol Yakult bisa didaur ulang di seluruh 102 kantor cabang.

Setelah 30 tahun bersama, Yakult menghanturkan rasa terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada karyawan dan ibu-ibu Yakult Lady beserta keluarga serta pelanggan atas bantuannya dalam mewujudkan Yakult sebagai Minuman Keluarga Sehat. Memasuki usia yang ke-30 tahun, Yakult Indonesia tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Kini Yakult telah tersedia di 40 negara dan menjadi minuman yang dibutuhkan oleh semua usia mulai dari anak kecil hingga lanjut usia.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini