Vaksin Moderna untuk Lawan Varian Omicron Baru Siap Dirilis Awal 2022

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 481 2509468 vaksin-moderna-untuk-lawan-varian-omicron-baru-siap-dirilis-awal-2022-N4xREr1N1S.jpeg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

BANYAK ahli memprediksi vaksin Covid-19 yang tersedia belum ampuh melawan varian Omicron. Dengan kata lain, diperlukan vaksin booster yang kuat untuk dapat melawan omicron.

Moderna menjadi salah satu perusahaan farmasi yang siap mengembangkan vaksin booster diformulasikan khusus melawan varian Omicron. Vaksin 'edisi Omicron' tersebut rilis awal 2022.

"Kami harus tahu bagaimana kemampuan vaksin sekarang untuk kemudian jika dirasa kurang kuat melawan Omicron, maka perlu disediakan vaksin baru beberapa minggu ke depan," kata Chief Medical Officer Moderna Inc. Paul Burton, dikutip MNC Portal dari Time, Selasa (30/11/2021).

Vaksin Moderna

"Jika memang diketahui bahwa vaksin yang ada sekarang kurang kuat, maka kami akan buat vaksin baru dan saya rasa itu akan rilis pada awal 2022 dan kemudian diproduksi dalam jumlah besar setelahnya," tambahnya.

Baca Juga : Peneliti Kembangkan Vaksin Pfizer yang Mampu Lawan Varian Omicron, Rilis Segera!

Hal tersebut dapat terjadi, kata Burton, karena Moderna mengembangkan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang sangat memungkinkan untuk dilakukan perubahan dalam waktu singkat.

Baca Juga : 9 Fakta Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Bikin Dunia Siaga

Varian Omicron

Perlu diketahui, saat ini ratusan staff Moderna sudah mulai melakukan penelitian terkait efektivitas vaksin terhadap Omicron. Tindakan ini dilakukan setelah isu Omicron menyeruak dan ditetapkan sebagai 'variant of concern' oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Jika ditanya apakah vaksin Moderna sekarang kurang oke, kami dapat katakan bahwa perlindungan tetap ada namun kini tergantung berapa lama seseorang disuntik dosis kedua terakhir kali," kata Burton.

Karena itu, ia mengatakan sangat penting bagi seluruh masyarakat saat ini untuk divaksinasi. Kemunculan varian Omicron dan mulai menginfeksi banyak masyarakat global tentu jadi kekhawatiran yang nyata.

"Ini adalah varian yang berbahaya tapi kami cukup yakin terlebih dengan 'alat tempur' yang kami miliki sekarang dapat mengatasi Omicron," tambah Burton.

Varian Omicron menjadi ancaman semua negara saat ini, bahkan beberapa negara di Eropa takut bahwa varian B.1.1.529 tersebut akan menjadi alasan munculnya lonjakan di musim dingin dan hari libur tahun baru yang sebentar lagi terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini