Antisipasi Varian Omicron, Filipina Lakukan Vaksinasi Massal

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 481 2509745 antisipasi-varian-omicron-filipina-lakukan-vaksinasi-massal-doiykkBw1l.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: Kevin frayer)

KINI Filipina meluncurkan program vaksinasi massal kepada seluruh warganya guna mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 yang baru-baru ini menghebohkan seluruh dunia yaitu Omicron.

Bahkan, tak tanggung-tanggung, dalam waktu tiga hari, tercatat sebanyak sembilan juta warga Filipina telah mendapat suntikan vaksin.

 vaksinasi Covid-19

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), Senin (29/11/2021) Presiden Filipina Rodrigo Duterte menargetkan sebanyak 15 juta orang mendapat vaksin Covid-19. Menurutnya, hal tersebut satu-satunya dorongan untuk mempercepat vaksinasi.

"Ini adalah satu-satunya dorongan terbesar kami untuk mempercepat vaksinasi," kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte di pusat vaksinasi di timur Ibu Kota Manila.

Menurut laporan beberapa wilayah di Filipina terdapat sekitar delapan ribu lokasi vaksin, dan diperkirakan mengerahkan 160 ribu sukarelawan yang bekerja serta petugas kepolisian yang membantu ratusan orang yang mengantri vaksinasi.

Kepala Vaksinasi Filipina Carlito Galvez mengatakan, munculnya varian baru Omicron telah membuat kampanye vaksinasi di negaranya menjadi lebih penting. "Lebih baik bersiap untuk efek Omicron," ucapnya.

Sebagai informasi, Filipina merupakan salah satu negara paling terdampak wabah pandemi Covid-19 paling buruk di Asia. Hal itu disebabkan lantaran peluncuran vaksinnya lebih lambat daripada banyak negara tetangga, dengan lebih dari sepertiga dari 110 juta penduduknya terinfeksi Covid-19.

Namun, berkat menggencarkan program vaksinasi massal rata-rata infeksi harian baru telah turun tajam menjadi 1.644 pada bulan November dari jumlah sebelumnya yang mencapai 18.579 pada September. Ini membuka jalan bagi pembukaan kembali ekonomi yang lebih luas.

 Baca juga: Jepang Ubah Keraguan Terhadap Vaksinasi Jadi Keberhasilan, Ini Caranya

Akan tetapi, tingkat vaksinasi masih belum merata dan menjangkau seluruh wilayahnya, dengan 93 persen penduduk yang memenuhi syarat di wilayah ibu kota disuntik dibandingkan dengan 11 persen di bagian termiskin di selatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini