Tak Cuma Madu, Ternyata Getah Lebah Juga Punya Banyak Manfaat Loh

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 481 2509930 tak-cuma-madu-ternyata-getah-lebah-juga-punya-banyak-manfaat-loh-NGFdRb6Rso.jpeg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

MADU lebah sudah sangat dikenal khasiatnya untuk mencegah berbagai macam penyakit. Tapi bagaimana dengan propolis, yang mungkin khasiatnya belum Anda ketahui?

Di era modern dan serba canggih saat ini, kalangan medis dan para herbalis di dunia telah banyak melahirkan berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima hingga sepanjang usia. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi propolis.

Pakar Herbal Dr Mahani SP MSi menuturkan, propolis memiliki kandungan dan khasiat luar biasa bagi kesehatan manusia. Propolis adalah salah satu temuan menakjubkan di dunia pengobatan herbal di era modern saat ini.

"Propolis atau lem lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon," ujarnya lewat keterangan tertulis Alpha Propolis.

 Lebah

Propolis, sebut Dr Mahani, memiliki sejumlah komponen aktif yang bersifat sebagai antioksidan dan antibiotika alami. Terdiri dari  kelompok flavonoid, alkaloid, asam fenolat, tannin, stilbene, organosulfur, terpenoid dan lainnya.

Khasiatnya sangat beragam, terutama untuk melawan penyakit infeksi seperti Influenza, covid-19, SARS hepatitis, TBC, gastritis, meningitis dan lainnya.

Tak hanya itu, propolis juga mampu menangkal sederet penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, stroke, kanker payudara, kanker prostat, kanker hati, kanker kulit, penuaan dini, alergi dan lainnya.

Perwakilan Unimax Power Anton mengatakan, ada serangkaian penelitian dan pengembangan berkelanjutan untuk propolis. Seperti adanya metode ekstraksi singkat pada suhu rendah, kedap cahaya dan kedap udara untuk menjamin keutuhannya dan telah melewati uji laboratorium.

"Serangkaian penelitian dan pengembangan berkelanjutan ini tentu dilakukan untuk menjaga manfaat atau khasiatnya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini