Share

Cek Fakta: Vaksinasi Covid-19 Pengaruhi Kualitas Sperma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 612 2509729 cek-fakta-vaksinasi-covid-19-pengaruhi-kualitas-sperma-SOTXjY9PKy.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

EFEK samping vaksin Covid-19 memang berbeda bagi tiap individu, meski begitu efek samping yang biasa diderita oleh mereka yang menjalani vaksin Covid-19 kebanyakan bersifat ringan. Tapi, tentu saja kerap beredar efek samping yang parah meskipun ternyata hoax.

Nah, belum lama ini beredar video di Telegram dengan narasi yang menyebutkan bahwa sperma orang yang sudah divaksin akan lebih buruk ketimbang mereka yang belum divaksin. Tentunya video tersebut lansung ramai dan diperbincangkan masyarakat.

Tak sedikit dari masyarakat menjadi takut dan ragu untuk divaksinasi. Namun ada juga orang yang penasaran dan mempertanyakan mengenai kebenaran informasi yang beredar tersebut.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (30/11/2021), faktanya video dan informasi yang beredar tersebut salah atau hoax.

Vaksin Covid-19 tidak merusak kualitas sperma. Hal itu berdasarkan studi terbaru yang dimuat di jurnal Jama Network. Studi tersebut menjelaskan bahwa vaksin tidak merusak kualitas sperma. Penelitian tersebut meneliti sperma dari 45 pria berusia 25-31 tahun.

Ke 45 pria tersebut mendapatkan vaksin Pfizer dan Moderna terkait jumlah, konsentrasi, dan motilitas sperma. Oleh sebab itu masyarakat diimbau tidak ragu-ragu untuk memeriksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini