Share

Ingin Panjang Umur, Coba Hidup Sehat dengan 4 Cara Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 612 2509813 ingin-panjang-umur-coba-hidup-sehat-dengan-4-cara-ini-zwDLRFfVB4.jpg Panjang umur (Foto: Conscious living TV)

KEBANYAKAN orang ingin panjang umur dan tak mau mati muda. Sebab mereka merasa belum menyelesaikan misi hidupnya.

Namun umur panjang juga harus disertai kesehatan yang bagus agar bahagia. Dikutip dari Money US News, berikut empat cara hidup sehat agar panjang umur. Apa saja?

 makanan sehat

1. Konsumsi makanan rendah lemak jenuh

Umumnya, orang yang berusia panjang makan makanan rendah lemak. Mereka tidak mengkonsumsi gula rafinasi. Sebaliknya, mereka minum air, atau susu rendah lemak, dan mengonsumsi banyak buah dan sayuran hijau yang belum diolah.

2. Tidur yang cukup

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat menurunkan tekanan darah, dan juga meningkatkan sistem kekebalan, membuat tubuh lebih mampu melawan infeksi. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki peningkatan risiko stroke. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kurang tidur mempengaruhi otak, kurang konsentrasi, dan lain sebagainya.

3. Olahraga

Banyak penelitian mengaitkan kurangnya olahraga dengan penambahan berat badan dan masa hidup yang lebih pendek. Pakar umur Panjang, Dan Buettner mempelajari orang tua di pulau Ikaria, Yunani bahwa pria Ikaria cenderung berusia panjang usia 90-an. Mereka berolahraga cukup banyak karena mereka selalu berjalan kaki kemanapun mereka pergi.

4. Menjaga kehidupan sosial tetap aktif

Sebuah penelitian di Universitas Brigham Young, menunjukkan bahwa orang yang menikmati kehidupan keluarga yang dekat dan banyak teman, hidup lebih lama daripada orang yang kesepian.

Bersosialisasi tidak hanya memberi rasa keamanan, tetapi juga dapat mendorong perilaku sehat seperti berolahraga, makan dengan baik, dan menghindari kebiasaan merusak diri sendiri seperti mengonsumsi narkoba atau minum-minuman keras.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini