Share

Mengenang Virgil Abloh dari Deretan Karya Ikoniknya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 194 2510303 mengenang-virgil-abloh-dari-deretan-karya-ikoniknya-68t6YseF6B.jpg Virgil Abloh. (Foto: Instagram)

PENDIRI Off White, Virgil Abloh memang telah meninggal dunia karena kanker langka nan agresif bernama 'Cardiac Angiosarcoma'. Dia pun telah berjuang selama 2 tahun terakhir sejak didiagnosis pada 2019.

Virgil adalah sosok yang etos kerjanya dapat dijadikan contoh. Tak hanya itu, sosok yang satu ini juga memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan tentunya optimisme besar yang tak mudah goyah. Dia pun menelurkan karya yang sarat isu sosial dan brilian.

Selama hidup, pria berusia 41 tahun tersebut berhasil membawa dua hal yang tidak pernah terpikirkan akan ditampilkan di panggung catwalk prestisius dunia – streetwear dan isu sosial. Sepanjang kariernya, Abloh kerap menampilkan pesan peduli lingkungan dan anti-rasisme pada karyanya dan menciptakan trademark berupa wording unik pada beragam karyanya di Off-White.

Berikut deretan karya terbaik Virgil Abloh, sang visioner dunia streetwear seperti dilansir dari Highend:

Louis Vuitton F/W 19

Virgil Abloh

Belum genap setahun menjabat posisi Direktur Kreatif lini Menswear Louis Vuitton, Abloh membuat gebrakan di kategori luxury streetwear dengan memadukan warna psychedelic dan siluet futuristik pada koleksi Fall/Winter 2019 di Paris Fashion Week.

Mengambil inspirasi dari legenda pop, michael Jackson era 80’an dengan menampilkan rhinestones, bendera dan warna neon, Ia berhasil menampilkan pop culture yang mengubah dunia dan permainan warna pada streetwear yang umumnya berputar pada shades monokrom.

Louis Vuitton F/W 20

Virgil Abloh

Menciptakan karya imajinatif melalui tema utopia, Abloh menampilkan koleksi ‘Heaven on Earth’ yang didominasi print awan dan langit biru. Motif tersebut merupakan eksplorasinya terhadap imajinasi individu berkulit hitam yang mendambakan kebebasan, harmonisasi dan kedamaian. Tidak hanya mengangkat isu rasial, koleksi ini juga mengeksplorasi hubungan pria dan suit.

Off-White S/S 21

Virgil Abloh

Pada awal pandemi, Virgil Abloh menjadi desainer pertama yang menampilkan koleksi masker high fashion pada runway show. Masker bergaya scarf yang melengkapi penampilan model di atas catwalk seketika menjadi tren bagi dunia fashion di kategory luxury dan streetwear.

Menampilkan konsep ‘digital space’, pagelaran tersebut menampilkan beberapa karya terbaik Abloh seperti Off-White X Air Jordan, Off-Active Athletic Wear dan aksesori ikoniknya, ‘the Burrow Bag’.

Off-White F/W 20

Virgil Abloh

Look ikonik satu ini tidak dapat luput dari ingatan para tamu undangan yang berada di front row show 'Off-White F/W 20' di AccorHotels Arena, Paris. Melalui runway show bertema ‘Slightly Off’, Abloh menampilkan gaun hybrid berpotongan asimetris yang terinspirasi dari gaun era Elizabeth yang beraksen ruffles.

Yang membuat unik adalah deretan gaun klasik tersebut dipadukan dengan unsur streetwear seperti hoodies, windbreakers, cargo pants di dalam satu desain.

Hailey Baldwin Wedding Dress

Virgil Abloh

Pada selebrasi pernikahan Justin Bieber dengan Hailey Baldwin pada 2019 lalu, gaun karya Virgil Abloh menjadi buah bibir karena desainnya yang berhasil menggabungkan ciri khas Off-White dengan pieces klasik seperti gaun pengantin.

Sebagai salah satu item ‘sakral’ di dunia fashion, Sang Desainer berhasil menyelipkan unsur streetwear pada gaun brokat putih tersebut dengan bordiran logo Off-White pada lengan dan tulisan ‘Till Death Do Us Part’ pada veil. Keberhasilannya membuat gaun pengantin moderen membuat lini bridal Off-White menjadi pilihan di antara lini klasik lainnya seperti Vera Wang.

Timothee Chalamet 2019 Golden Globe Look

Virgil Abloh

Masih ingat look aktor Timothee Chalamet yang menampilkan unsur tidak biasa melalui penggunaan harness di atas kemeja tanpa kerah? Abloh lah individu jenius dibalik look tersebut. Diambil dari koleksi Louis Vuitton S/S ’19, pieces tersebut membuat tampilan serba hitam Timothee menjadi berbeda dan high fashion.

Semenjak kehadiran look tersebut, banyak selebriti pria yang memakai tampilan androgyny terinspirasi tampilan ikonik karya desainer keturunan Ghana tersebut.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini