Share

Sejarah Hari AIDS Sedunia Diperingati Setiap 1 Desember

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 481 2510017 sejarah-hari-aids-sedunia-diperingati-setiap-1-desember-bGZxy7LoYm.jpg Ilustrasi Hari AIDS Sedunia. (Foto: Shutterstock)

HARI AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Peringatan tahunan ini memiliki tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait epidemi global acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) dan penyebaran human immunodeficiency virus (HIV).

Dikutip dari laman Britannica, Rabu (1/12/2021), tanggal 1 Desember menjadi Hari AIDS Sedunia setelah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1988. Tujuannya adalah memfasilitasi pertukaran informasi antara pemerintah nasional dan lokal, organisasi internasional, serta individu.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Ini Nutrisi yang Dibutuhkan ODHA 

Ilustrasi Hari AIDS Sedunia.

Baca juga: 9 Gejala HIV, Salah Satunya Berat Badan Turun Drastis! 

Saat Hari AIDS Sedunia pertama diadakan pada tahun 1988, diperkirakan ada sekira 90.000 hingga 150.000 orang terinfeksi HIV yang menyebabkan AIDS.

Sebagaimana diketahui, HIV adalah suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sementara AIDS bukanlah suatu penyakit, melainkan kondisi di mana seseorang yang terkena HIV dan bertambah berat tingkat keparahannya.

Dalam dua dekade lebih dari 33 juta orang hidup dengan infeksi HIV. Kemudian sejak tahun 1981, ketika kasus AIDS pertama dilaporkan, ada sekira 25 juta orang meninggal karena penyakit tersebut.

Akibatnya, kesadaran AIDS menjadi makin besar. Dilakukan edukasi masyarakat tentang HIV/AIDS melalui penyatuan dan dukungan keuangan dari organisasi internasional. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia diperingati pada Rabu 1 Desember 2021.

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Ini Bahaya Mengganti-ganti Obat bagi ODHA 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini