5 Mitos Rambut Rontok yang Sudah Disanggah Ahlinya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 611 2510512 5-mitos-rambut-rontok-yang-sudah-disanggah-ahlinya-VCgTqIGiCg.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

RAMBUT rontok adalah permasalahan umum yang dialami banyak orang. Akan tetapi, kita perlu memahami faktanya sehingga kita tahu apa yang akan berhasil dan apa yang tidak.

Karenanya, Dr Aanchal Panth, M.B.B.S, M.D (AIIMS, New Delhi), Konsultan Dokter Kulit dan Ahli Bedah Transplantasi Rambut, Transplantasi Rambut Dermafollix dan Klinik Kulit pun membeberkan mitos yang selama ini berkembang di masyarakat mengenai rambut rontok, sebagaimana dilansir dari laman Pinkvilla pada Kamis (2/12/2021).

Keramas kulit kepala menyebabkan rambut rontok

Keramas

Shampo diciptakan untuk menjaga kulit kepala tetap bersih. Anda keramas kulit kepala Anda setidaknya 3 kali seminggu untuk menghilangkan minyak, debu dan kotoran yang mungkin terkumpul di kulit kepala.

Rambut kita tumbuh dalam siklus. Sebagian besar berada dalam fase tumbuh, hanya sedikit yang dalam fase penumpahan dan istirahat. Jadi, rambut yang sedang dalam fase kerontokan adalah apa yang Anda lihat saat Anda keramas.

Jadi, jangan takut, sampo biasa sangat penting untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan karenanya memiliki rambut yang sehat.

Baca Juga : 7 Tips Merawat Rambut Rontok, Jangan Sisir Rambut setelah Keramas

Minyak rambut akan menghentikan rambut rontok

Rambut rontok itu kompleks dan kita perlu memahami tuduhannya terlebih dahulu. Penyebabnya bisa karena kekurangan nutrisi, pemulihan dari penyakit, ketidakseimbangan hormon, stres, dll. Jadi, mengoleskan minyak saja tidak akan membantu mengendalikan rambut rontok.

Pijat lembut pada kulit kepala dengan minyak dapat membantu relaksasi, yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tapi tolong hindari pijatan yang kuat karena mungkin akan menimbulkan efek samping.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Atasi Masalah Rambut Rontok, Anti Patah-Patah!

Minyak rambut akan membuat rambut lebih panjang

Minyak rambut hanya mengkondisikan rambut dan membuatnya lebih halus. Itu tidak berdampak pada panjang rambut. Panjang rambut, tekstur dan kualitasnya ditentukan secara genetik.

Anda bisa menggunakan minyak rambut beberapa jam sebelum keramas. ini akan mencegah pengeringan rambut dan dapat membantu membuat rambut tampak lebih halus. Meminyaki semalaman tidak dianjurkan dan tidak memiliki manfaat tambahan.

Memotong rambut pendek akan mengontrol rambut rontok

Jawabannya, sama sekali tidak. Rambut tumbuh dari akar. Jadi pemotongan tidak berdampak pada bagian di bawah kulit. Semakin panjang rambut, semakin parah kerontokannya karena helaian rambut yang panjang menggulung ke dalam untuk membuat bola (gulungan rambut kusur) rambut tampak jauh lebih besar.

Jadi bahkan ketika Anda kehilangan 4-5 helai, mereka terlihat sangat banyak. Potongan rambut pendek hanya akan membantu mengurangi stres Anda terkait dengan rambut rontok karena Anda tidak akan dapat melihat rambut lagi. Potongan rambut tidak berdampak pada kerontokan rambut.

Menggunakan sampo bebas SLS akan mengontrol rambut rontok

Keramas

SLS atau sodium laurel sulfate adalah surfaktan yang membantu membentuk busa atau membuat sampo. Anda harus menggunakan sampo bebas SLS hanya jika Anda memiliki kulit kepala yang sangat kering atau kulit sensitif.

Jika tidak, SLS tidak berbahaya dan sebenarnya membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala Anda. Sampo bebas SLS tidak akan cukup membersihkan kulit kepala Anda jika Anda memiliki kulit kepala berminyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini